Brilio.net - Kontingen Merah Putih kembali mendapat emas pada Asian Games 2018. Dua medali emas kali ini berhasil disumbangkan oleh dua atlet downhill, Tiara Andini Prastika di kategori putri dan Khoiful Mukhib di kategori putra.

Pebalap downhill putra berusia 27 tahun itu menjadi atlet putra pertama yang menyumbangkan medali emas pada perhelatan Asian Games 2018 cabang sepeda gunung. Tentunya hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi rakyat Indonesia.

Pada pertandingan yang berlangsung di Khe Bun Hill, Subang, Jawa Barat ini Khoiful berhasil mengalahkan dua pebalap lainnya. Khoiful mengungguli pebalap downhill dari Chinese Taipei, Chiang Sheng Shan yang meraih medali perak dan Suebsakun Sukchanya dari Thailand yang meraih medali perunggu.

Khoiful Mukhib © 2018 Twitter
foto: Twitter/@giewahyudi

Catatan Khoiful Mukhib untuk mengklaim medali emas adalah 2 menit 16,687 detik. Pada perlombaan yang digelar Senin (20/8) siang ini, Khoiful secara resmi menyumbang emas ke-4 bagi Indonesia. Sebelumnya, medali emas direbut oleh Defia Rosmaniar, Lindswell Kwok dan Tiara Andini Prastika.

Khoiful Mukhib © 2018 Twitter
foto: Twitter/@BadmintonTalk