Brilio.net - Lagi sumbangan medali bagi kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo datang dari cabang bulutangkis. Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting berhasil meraih perunggu nomor tunggal putra usai mengalahkan pebulutangkis Guatemala Kevin Cordon. Ginting memastikan kemenangan dalam dua gim langsung dengan skor 21-11 21-13.

Dengan perolehan perunggu dari Anthony Ginting, Indonesia sejauh ini sudah memperoleh satu emas, satu perak dan tiga perunggu. Emas dihasilkan Greysia Polii/Apriyani rahayu di cabang bulutangkis ganda putri, perak oleh Eko Yuli Irawan dari angkat besi sedangkan perunggu masing-masing disumbangkan oleh Rahmat Erwin Abdullah, Windy Cantika Aisah juga dari angkat besi serta Ginting.

Anthony Ginting raih perunggu © 2021 badmintonindonesia.org

foto: badmintonindonesia.org

Pada laga perebutan tempat ketiga, Anthony Ginting sempat tertekan di awal gim. Ia tertinggal 1-3, Ginting segera memperbaiki kesalahan dan membalikkan skor menjadi 8-4 untuknya di pembukaan gim pertama. Ginting berhasil menjaga keunggulan 11-5 di interval gim pertama.

Keunggulan Ginting terus berlanjut hingga skor 13-5, 16-7 dan 19-10. Ginting menutup kemenangan di gim pertama dengan skor meyakinkan 21-11.

Memasuki gim kedua, Ginting langsung menekan sejak awal. Iapun berhasil mengungguli Kevin Cordon 6-1 di pembukaan gim kedua. Bermain menyerang dengan smash kerasnya, Ginting unggul cukup jauh 11-4 di paruh gim kedua.

Usai paruh gim kedua, Ginting sempat tertekan oleh permainan Kevin Cordon. Pebulutangkis Guatelama tersebut mendapat tiga angka beruntun dari serangannya terhadap Ginting sekaligus mengejar ketinggalan menjadi 7-11.

Skor kembali menipis 9-12 usai Kevin Cordon sukses mengajak Ginting bermain rally yang ditutup dengan unforced error dari wakil Indonesia tersebut. Namun Ginting yang bermain cukup tenang dan percaya diri mampu meredam serangan Cordon.

Ginting kembali menjauhkan keunggulan menjadi 15-10, dan 18-11 Ia pun menutup pertandingan dengan skor 21-13 dan berhak atas medali perunggu.

Anthony Ginting raih perunggu © 2021 badmintonindonesia.org

foto: badmintonindonesia.org

Sebelumnya pada semifinal Anthony Sinisuka Ginting kalah dari atlet kawakan asal China, Chen Long, di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo. Anthony Ginting takluk dari Chen Long dengan skor 16-21 11-21.

Dalam 12 pertemuan sebelumnya di turnamen tahunan, Ginting mengemas kemenangan 8-4 atau unggul dua kali lipat dari Chen Long.

Namun Chen Long bukan sembarang lawan. Di luar prestasinya di turnamen BWF, ia adalah peraih dua medali Olimpiade, dengan masing-masing perunggu dari London 2012 dan puncaknya di Rio 2016 saat ia menyabet medali emas.