Brilio.net - Salah satu fasilitas penting yang harus ada dalam olahraga sepak bola ialah stadion. Saking pentingnya, klub-klub bola pun tentunya tak akan sembarangan dalam membangun fasilitas yang satu ini.

Selain guna mendongkrak performa dari para pemain hingga pemasukan klub itu sendiri, faktor yang juga harus dipikirkan ialah penonton. Semakin megah dan besar kapasitas kursi yang dimiliki, maka penonton pun akan berbondong-bondong datang ke stadion.

Namun begitu, tak semua stadion memiliki desain arsitektur megah dan berkapasitas besar. Lebih dari itu, beberapa stadion pun malah dinilai angker dan menyeramkan.

Wah, lalu stadion mana saja ya itu? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, berikut 9 stadion di luar negeri maupun Indonesia yang banyak disebut berhantu, Jumat (1/11).

1. Stadion Estadio do Dragao.

Loading...

stadion angker © 2019 brilio.net

foto: sportskeeda.com

Pada Liga Champions 2012, saat James Rodriguez melakukan selebrasi usai mencetak gol, terlihat sosok perempuan duduk di antara penonton lain. Perempuan tersebut mengenakan pakaian serba hitam dan lusuh.

Usut punya usut, kejadian tersebut bukanlah yang pertama. Sebelumnya, banyak penggemar yang merasakan pengalaman serupa. Konon, perempuan tua yang tertangkap kamera itu dulu tinggal di dekat stadion tersebut.

2. Stadion Highbury.

stadion angker © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Stadion ini merupakan kandang lama Arsenal sebelum berganti menjadi Emirates pada 2006. Sementara itu, pada periode 1920-1934 yang menjadi manager Arsenal adalah Herbert Chapman. Kala itu, Henry sukses membuat The Gunners jadi tim yang menjanjikan. Sayangnya, ia harus meninggal dunia kerana pneumonia pada usia 55 tahun.

Sepeninggal Chapman, cerita-cerita mistis pun banyak beredar di Highbury. Kabarnya ada sosok yang mirip Chapman berlarian di koridor stadion tersebut.

3. Stadion Saint Mary.

Stadion Saint Mary adalah stadion milik Southampton sejak 2001. Sebelum dibangun stadion, area tersebut merupakan area pemakaman. Kabarnya, di stadion tersebut terdapat penunggu yang tak rela tanah tersebut digunakan. Demi menghindari kejadian-kejadian yang tak diinginkan, manajemen klub pun kemudian memanggil paranormal untuk mengusir arwah-arwah tersebut.

4. Stadion Ghazi.

Stadion yang terletak di Kabul, Afganistan ini memang terkenal angker. Pasalnya, ia pernah menjadi tempat eksekusi mati para narapidana yang melakukan tindak kejahatan.

Meski insiden itu sudah lama berlalu, namun tetap saja tak ada yang mau menyelenggarakan kegiatan apa pun di stadion tersebut, terlebih jika matahari sudah terbenam.

5. Stadium Of Light.

stadion angker © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Penampakan hantu kerap kali muncul di markas Sunderland ini. Pada tahun 2005, dua orang staf pelatih mengaku melihat sesosok bayangan hitam di koridor stadion. Kejadian serupa juga terjadi ketika Live Skysports dalam episode MNF (Monday Night Football).

6. Stadion Siliwangi.

stadion angker © 2019 brilio.net

foto: serbabandung.com

Stadion Siliwangi merupakan salah satu stadion yang memiliki 'penunggu'. Kabarnya, markas Persib Bandung ini dihuni oleh sesosok kuntilanak bernama Neti.

7. Stadion Benteng.

stadion angker © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Stadion yang menjadi kandang bagi Persikota dan Persita Tangerang ini memiliki kisah yang membuat bulu roma merinding. Pasalnya, banyak kesaksian yang sering melihat adanya sesosok hantu perempuan berkeliling stadion tersebut.

8. Stadion Tambaksari atau Gelora 10 November.

stadion angker © 2019 brilio.net

foto: bola.com

Stadion yang terletak di Kecamatan Tambaksari, Surabaya ini memiliki pohon angsana yang tumbuh di tribun barat. Pohon yang berada di markas Persebaya itu dikenal karena keangkerannya. Ia sempat direncanakan untuk ditebang. Akan tetapi, hingga kini ia tak pernah berhasil ditumbangkan.

9. Stadion R. Maladi Sriwedari.

9 Stadion sepak bola yang terkenal angker, bikin merinding © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Cerita menyeramkan dari stadion ini sebetulnya tidak pada stadionnya itu sendiri, melainkan mess Kadipolo yang mana terletak persis di sebelahnya. Dahulunya, mess tersebut merupakan bangunan rumah sakit jiwa. Namun hingga kini, kerap kali muncul suara-suara aneh dari dalam mess tersebut, seperti suara ranjang pasien yang didorong.

RECOMMENDED BY EDITOR