Brilio.net - Laga antara Portugal vs Islandia semalam menutup putaran pertama penyisihan grup EURO 2016. Di lain pihak, Prancis, selaku tuan rumah berhasil mengalahkan Rumania secara dramatis. Sementara tim unggulan seperti Jerman, Spanyol, Italia juga sukses meraih tiga angka penuh.

Namun, di luar fakta itu, ada 9 rekor unik yang tercipta di putaran pertama penyisihan grup EURO tahun ini. Rekor apa sajakah itu? Berikut brilio.net kumpulkan dari berbagai sumber, 9 rekor di putaran pertama penyisihan grup, Rabu (15/6):

1. Kiper Hungaria pecahkan rekor pemain tertua.

foto: espnfc.com

Kiper Hungaria, Gabor Kiraly resmi memegang rekor sebagai pemain tertua yang pernah bermain di Piala Eropa. Saat turun menghadapi Austria, Kiraly berusia 40 tahun 74 hari. Catatan itu melebihi usia Lothar Matthaus yang memegang rekor pemain tertua sebelumnya. Saat bermain di Piala Eropa 2002, Matthaus berusia 39 tahun 91 hari.

2. Jerman perpanjang rekor tak terkalahkan.

foto: newsoneplace.com

Juara dunia Jerman mengawali petualangan mereka di EURO 2016 dengan hasil manis setelah melibas Ukraina 2-0. Kemenangan meyakinkan ini sekaligus memperpanjang rekor tak terkalahkan Jerman di laga pembuka EURO, yakni dengan rekor tujuh kali menang dan lima kali seri.

3. Buffon catat dua rekor menakjubkan sekaligus!

foto: gazzettaworld.com

Laga antara Italia melawan Belgia kemarin juga berarti istimewa bagi Gianluigi Buffon. Kiper gaek ini mencatat rekor tak kebobolan yang ke-60 di sepanjang kariernya bersama Italia. Selain itu Buffon telah melakoni 14 pertandingan di putaran final Piala Eropa. Catatan yang terbanyak dari semua pemain Italia.

4. Kakak beradik ini pecahkan rekor baru EURO.

foto: sports-news.com

Untuk pertama kalinya dalam kompetisi EURO, dua kakak beradik bermain bersama untuk dua timnas yang berbeda. Granit Xhaka bermain untuk Swiss, sedangkan Taulant Xhaka bermain untuk timnas Albania.

5. Pemain muda ini kalahkan rekor Cristiano Ronaldo.

foto: 3erch.com

Renato Sanches menjadi pemain termuda yang pernah membela timnas Portugal di turnamen internasional. Saat diturunkan melawan Islandia, Renato berusia 18 tahun 301 hari. Ia mematahkan rekor CR7 yang berusia 19 tahun 128 hari saat memperkuat Portugal melawan Yunani di EURO 2004.

Kamu nggak menyangka kan? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman

6. Inggris perpanjang rekor buruk di partai pembuka.

foto: mpembuzi24.blogspot.com

Kegagalan Inggris menaklukkan Rusia membuat mereka semakin memperpanjang rekor buruk di ajang empat tahunan ini. Inggris tercatat tak pernah menang di laga pembuka EURO sejak 1968! Kekalahan di partai pembuka dialami Inggris pada tahun 1968, 1988, 2000, dan tahun 2004. Sedangkan hasil seri didapat pada edisi 1980, 1992, 1996, dan 2012.

7. CR7 pecahkan rekor Luis Figo!

foto: squawka.com

Walaupun gagal mencetak gol di laga pembuka, Ronaldo tetap mencatatkan rekor baru di timnas Portugal. Ronaldo kini berdiri sejajar dengan legenda Seleccao, Luis Figo, sebagai pemilik caps terbanyak bagi negaranya, yaitu sama-sama 127 kali. Namun jumlah caps CR7 bakal terus bertambah karena masih terbentang kesempatan beberapa tahun ke depan untuk dirinya tetap membela timnas.

8. Nggak cuma jorok, Joachim Low ternyata pecahkan rekor ini.

foto: newsoneplace.com

Joachim Low tercatat menjadi pelatih paling senior di EURO tahun ini. Setelah mendampingi Jerman di partai melawan Ukraina, Low resmi menjadi pelatih pertama yang mampu mencatatkan 12 pertandingan di putaran final EURO.

9. Tak cuma Inggris, Turki juga perpanjang rekor buruk di partai pembuka.

foto: zimbio.com

Selain Inggris, Turki juga memperpanjang rekor buruk di empat pembukaan Piala Eropa gara-gara kekalahan dari Kroasia. Kekalahan 1-0 dari Kroasia kemarin menggenapkan rekor negatif dengan selalu kalah dalam empat edisi berbeda EURO. Sebelumnya, The Crescent-Stars selalu menderita kekalahan di sejumlah ajang EURO, yakni pada edisi 1996, 2000, dan 2008.