Brilio.net - Mantan pemain sepak bola Indonesia keturunan Belanda, Jhonny van Beukering jadi sorotan bagi warganet. Sempat menghilang kabarnya cukup lama, mantan penyerang Timnas Indonesia pada Piala AFF 2012 ini kembali muncul dengan kabar yang baru. Dirinya dikabarkan telah pensiun dari kariernya sebagai sepak bola dan bekerja serabutan sampai akhirnya kini menjadi seorang satpam di sebuah diskotik.

Pemain kelahiran kota Velp, Belanda 38 tahun lalu ini merupakan pemain yang sempat malang melintang di sejumlah klub sepak bola di Belanda. Jhon, sapaan akrabnya mengawali kariernya di klub amatir di Belanda. Setelah beberapa tahun, dirinya kemudian dilirik oleh klub yang bermain di liga profesional yakni Vitesse. Selanjutnya petualangan dilanjutkan ke berbagai klub seperti Zwolle, De Graafchap, N.E.C, Go Ahead Eagles, dan Feyenoord. Di Klub Feyenoord, dirinya sempat mendapat julukan "Jhonny the burgerking" karena dianggap lamban dan kelebihan berat badan.

Pada tahun musim 2011-2012 setelah menyelesaikan kontraknya bersama Feyenoord, Jhonny dikabarkan telah menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun bersama klub asal Indonesia, Pelita Jaya FC. Dirinya bermain sebagai penyerang untuk klub tersebut dan mengarungi kompetisi di Liga Super Indonesia musim 2011-2012.

Jhonny van Beukering yang awalnya merupakan warga negara Belanda, sebetulnya sudah sempat masuk ke dalam Timnas Belanda di jenjang umur. Namun dirinya tak pernah mampu untuk tembus ke timnas senior. Sehingga, ketika ada tawaran dari Tim Nasional Indonesia untuk memintanya menjadi warga negara Indonesia, tawaran itu langsung diterimanya. Dirinya resmi menjadi warga negara Indonesia sejak pengucapan sumpahnya sebagai warga negara pada 10 Oktober 2011. Selanjutnya dia menjalani debut sebagai punggawa Timnas Indonesia pada laga uji coba menghadapi Timor Leste. Jhonny berhasil memberikan assist gol kepada Bambang Pamungkas. Adapun pertandingan resmi yang dijalani Jhonny adalah sekali pada pertandingan Indonesia menghadapi Malaysia dengan kemenangan Tim Harimau Malaya dengan skor 0-2.

Setelah momen itu, performa Jhonny van Beukering terkesan menurun seiring usia dan berat badannya yang semakin bertambah. Dirinya memutuskan kembali ke Belanda setelah tidak ada satupun klub di Indonesia yang tertarik menggunakan jasanya.

Malang tak bisa dihindari, kariernya ketika kembali ke Belanda hanya bertahan satu tahun berselang. Pada 2013, dirinya memutuskan pensiun dan memilih peruntungan di bidang lain. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (22/6), inilah sembilan potret Jhonny van Beukering dari dulu hingga kini.

Reporter: Muhamad Ikhlas Alfaridzi

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR