Brilio.net - Kamu termasuk pecinta olahraga ? Jika olahraga seperti basket, voli atau sepak bola yang kamu tahu berarti kamu perlu tahu olahraga unik yang benar-benar ada dan diselenggarakan, bahkan ada jadwal setiap tahunnya.

Karena keunikan olahraga tersebut peminatnya pun tak kalah ramai dengan olahraga umumnya. Mulai dari olahraga gabungan seperti tinju catur juga ada olahraga melempar tuna.

Penasaran dengan olahraga unik lainnya ? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber olahraga-olahraga unik di dunia.

1. Tinju Catur.

Loading...

olahraga unik © 2016 brilio.net

Tinju Catur adalah olahraga yang menggabungkan catur dengan tinju. Olahraga ini diciptakan oleh seniman Perancis dan pembuat film Enki Bilal di buku komiknya Froid Equateur pada tahun 1992. Olahraga ini pertama kali diselenggarakan oleh seniman Belanda Iepe Rubingh pada tahun 2003.

Sistem olahraga ini bergantian antara permainan tinju dan catur untuk setiap ronde. Petinju dan pemain catur menunggu skak mat atau KO untuk memutuskan pertandingan. Pertandingan Tinju Catur antara dua orang ini berlangsung hingga sebelas ronde.

2. Menyelam dalam kubangan lumpur.

olahraga unik © 2016 brilio.net

Aturan olahraga ini adalah, setiap orang diharuskan menyelam dalam kubangan lumpur sejauh lebih kurang 55 meter, siapa yang mencatatkan waktu tercepat, ialah pemenangnya. Rekor dunia tercepat adalah 1 menit 35 detik dipegang oleh Phillip John asal Inggris

3. Bossaball.

olahraga unik © 2016 brilio.net

Bossaball adalah olahraga unik yang ditemukan di Spanyol oleh Filip Eyckmans pada tahun 2004. Hal ini mirip dengan voli, tetapi juga mencakup unsur-unsur sepak bola, senam, dan capoeira. Permainan yang dimainkan di lapangan yang dibentuk dari balon yang dirancang khusus dengan trampolin di tengah-tengah. Bossball adalah permainan bola antara dua tim, masing-masing terdiri dari 3 sampai 5 pemain.

4. Sepak bola sepeda.

olahraga unik © 2016 brilio.net

Olahraga sepak bola sepeda ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1983 oleh Nicholas Edward Kaufmann. Orang Jerman menamakan olahraga unik dengan radball. Olahraga ini terdiri dari 2 orang dalam satu Tim yang mengendarai sepeda tanpa rem alias freewheel, setiap tim membawa dan menggiring bola menuju gawang lawan dan menendang bolanya bukan dengan kaki melainkan harus memakai roda sepeda.

5. Hockey sepeda roda satu.

olahraga unik © 2016 brilio.net

Olahraga unik satu ini dimainkan di negara Kanada. Cara mainnya sama seperi hockey umumnya hanya saja pemainnya menaiki sepeda roda satu ketika bermain. Olahraga ini selain butuh ketrampilan juga butuh konsentrasi.

6. Buzkashi.

olahraga unik © 2016 brilio.net

Olahraga ini populer di Afghanistan, Turkmenistan dan negara-negara Asia Tengah lainnya. Aturan mainnya adalah dua tim berkendara kuda, dengan berusaha memperebutkan domba mati sebagai 'bolanya'. Domba mati ini kemudian berusaha dilemparkan ke dalam semacam bak di belakang garis tertentu sebagai gawang. Permainan ini dapat berlangsung beberapa hari lamanya.

7. Melempar Tuna.

olahraga unik © 2016 brilio.net

Festival Tunarama ini dikatakan diselenggarakan setiap tahunnya di Port Lincoln, Australia Selatan. Meski festival ini sudah punya atraksi-atraksi seperti kompetisi kepleset dan juga balap unta, tapi kompetisi melempar tuna ini adalah yang paling menarik.

Untuk memenangkan grand prize senilai Rp 93 juta, para kontestannya harus melepaskan seekor tuna dewasa seperti melempar sebuah palu. dan juga ikan tuna yang digunakan dalam olahraga ini adalah ikan tuna yang sudah busuk.

8. Pria melawan kuda.

olahraga unik © 2016 brilio.net

Olahraga ini berasal dari Wales, Inggris. Aturannya adalah dengan cara berlari melintasi pedesaan, siapa yang mengalahkan penumpang kuda pertama adalah pemenangnya.

9. Gulat minyak.

olahraga unik © 2016 brilio.net

Gulat minyak ini sudah populer di seluruh dunia. Salah satu kompetisi tertuanya terdapat di Kirkpinar, Edirne, Turki, yang diadakan pada bulan Juni setiap tahunnya. Olahraga ini sama seperti kontes gulat pada umumnya, hanya berbeda pada badan pegulat di oles minyak Zaitun.

Festival gulat minyak juga diadakan di Yunani. Dalam beberapa tahun terakhir, gaya gulat ini juga menjadi populer di negara-negara lain, khususnya Belanda dan Jepang.

RECOMMENDED BY EDITOR