Brilio.net - Zaman silih berganti, teknologi terus berkembang. Dulu, bidang olahraga adalah soal fisik seperti lari, beladiri, dan angkat beban. Namun ada juga cabang olahraga yang tanpa melibatkan aktivitas fisik yang tinggi seperti catur, bridge, dan billiard.

Begitu juga Esport, cabang olahraga yang mengandalkan ketangkasan dan ketajaman pikiran lewat permainan-permainan seperti Dota 2, League of Legends, Counter Strike, Pro Evolution Soccer (PES) dalam perangkat canggih komputer ataupun ponsel pintar seperti Mobile Legends (ML) dan Arena of Valor (AOV). Esport sendiri pertama kali diadakan lewat acara komunitas-komunitas tertentu yang diawali dari 19 Oktober 1972 di Amerika Serikat, tepatnya di Universitas Standford.

Acara yang bertajuk "Intergalactic Spacewar Olympic" ini menghadirkan game "Spacewar" sebagai game yang dikompetisikan untuk para siswa. Hadiah utama untuk pemenang acara tersebut adalah gratis langganan satu tahun majalah Rolling Stone. Baru pada era 1980 Atari menyelenggarakan sebuah kompetisi game "Space Invader" yang diikuti oleh 10.000 peserta di Amerika Serikat.

Indonesia sendiri tidak ketinggalan dalam kompetisi Esport, berawal dari event-event kompetisi game lokal atau bahkan nasional, hingga mencapai puncaknya untuk menempati eksibisi di Asian Games 2018 ini. Salah satu game yang diperlombakan adalah PES (Pro Evolution Soccer).

Kompetisi ini memunculkan Atlet Esport bernama Rizky Faidan. Anak yang berumur 15 tahun di 2018 ini sayangnya didiskualifikasi karena umurnya yang tidak memenuhi syarat minimal 16 tahun pada Agustus 2018.

Loading...

Namun Rizky Faidan bukanlah seorang anak yang mendadak tenar. Serangkaian prestasi baik lokal maupun internasional berhasil diraih di umurnya yang bahkan belum sampai 17 tahun ini.

Berikut prestasi Rizky Faidan yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (18/7).

1. WE tournament 2vs2 champion 2015 (kiri bawah baju hitam)

rizky faidan Instagram

foto: instagram.com/maenbola

2. Wakil Indonesia untuk Vietnam PES Tournament 2016.

rizky faidan Instagram

foto: instagram.com/pesindonesia

3. Diberitakan oleh media Vietnam karena menjadi salah satu atlet muda yang baru berumur 13 tahun.

rizky faidan Instagram

foto: instagram.com/liga1pes

4. Main Bola Super Tag Tournament TGR 2016 Champion.

rizky faidan Instagram

foto: instagram.com/liga1pes

5. Champion Mini Tournament PES 2017.

rizky faidan Instagram

foto: instagram.com/liga1pes

6. Champion PES 2018 Kuala Lumpur, Malaysia.

rizky faidan Instagram

foto: instagram.com/liga1pes

7. Pemenang Kualifikasi Nasional Perwakilan Indonesia untuk Asian Games 2018.

rizky faidan Instagram

foto: instagram.com/liga1pes

(mgg/hendra noor)

RECOMMENDED BY EDITOR