Brilio.net - Brasil dan Indonesia memiliki kisah yang cukup panjang dalam dunia sepak bola. Sejak tahun 1994, sudah ada pemain asing dari Brasil yang merumput di Indonesia. Di era tersebut, banyak pemain yang bermain di Liga Indonesia musim pertama.

Skill di atas rata-rata ini membuat pemain asing asal Amerika Latin tersebut disukai oleh banyak klub. Terbaru, trio pemain asal Brasil di Mitra Kukar, Patrick Cruz, Rodrigo Ost, dan Arthur Cunha berhasil membawa timnya menjuarai Piala Jenderal Sudirman pada tahun 2016 silam.

Dari sini, sudah banyak klub papan atas yang mulai melirik pemain-pemain asing dari Brasil. Tapi sebenarnya, di Indonesia sendiri sudah banyak yang punya pengalaman merumput di dunia Bola Indonesia.

Siapakah saja mereka? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (2/12) ini 7 pemain Brasil yang sukses taklukkan sepak bola Indonesia.

1. Carlos de Mello.

Loading...

7 pemain brazil merumput di indonesia sukses © 2018 brilio.net

foto: Facebook/@Aguzalfatih

Si ganteng yang sekarang berbadan gempal ini pernah merumput di berbagai klub terkenal di Indonesia. PSM Makassar, Petrokimia Putra, Persebaya Surabaya, dan Persita Tanggerang pernah dicobanya. Dari permainannya, Carlos terkenal dengan umpan jitunya ke para pemain depan.

Tak hanya menjadi pemain, Carlos juga punya pengalaman sebagai seorang pelatih. Tercatat, Carlos pernah menjadi pelatih untuk Persisam Samarinda dan PSM Makassar. Kerennya lagi, pada 2013 kemarin, Carlos menjadi pelatih timnas pelajar Indonesia U-18.

2. Antonio Claudio.

7 pemain brazil merumput di indonesia sukses © 2018 brilio.net

foto: Google Plus/@antonioclaudio

Antonio memulai kariernya dengan memperkuat PSP Padang di Liga Indonesia pada 1995-1996. Kiprahnya sendiri membaut PSP Padang diperhitungkan di Liga Indonesia. Tak hanya klub asal Sumatera itu, Antonio Claudio juga pernah memperkuat Persija di Liga Indonesia 2001. Dirinya ikut berkontribusi besar dalam final mengalahkan PSM Makassar dengan skor 3-2.

3. Alberto Goncalves

7 pemain brazil merumput di indonesia sukses © 2018 brilio.net

foto: bola.net

Pemain yang beraksi sebagai penyerang ini pernah membela Persipura Jayapura. Pergerakannya di pertahanan lawan selalu sulit untuk diprediksi. Prestasinya juga cukup banyak. Alberto pernah menjadi pencetak gol terbanyak di Copa Indonesia 2007. Pria yang berusia 35 tahun ini sekarang bermain untuk Sriwijaya FC. Di klub tersebut, Alberto mengaku ingin kembali menorehkan prestasi yan gemilang.

4. Jacksen F. Tiago.

7 pemain brazil merumput di indonesia sukses © 2018 brilio.net

foto: bola.net

Jacksen memulai kariernya di Indonesia dengan memperkuat Petrokimia Putra pada tahun 1994-1995. Semusim berikutnya, Jacksen pindah ke Persebaya Surabaya. Prestasinya juga semakin baik di klub ini. Jacksen ikut berkontribusi untuk meraih gelar juara Liga Idnonesia pada musim 1996 - 1997. Kiprahnya tak hanya di Indonesia saja. Mulai tahun 2014, Jacksen menjadi pelatih untuk klub di Malaysia, Penang FA.

5. Luciano Leandro.

7 pemain brazil merumput di indonesia sukses © 2018 brilio.net

foto: bola.net

Luciano Leandro terkenal dengan kiprahnya bersama PSM Makassar. Kariernya dimulai pada musim Liga Indonesia tahun 1996-1996. Prestasi puncaknya sendiri diraih oleh Luciano saat memperkuat Persija Jakarta pada tahun 2000-2001. Pada waktu ini, Luciano dan teman-temannya berhasil membawa tim dari ibu kota Indonesia tersebut menjadi juara Liga Indonesia.

6. David Da Rocha.

7 pemain brazil merumput di indonesia sukses © 2018 brilio.net

foto: bola.net

David Da Rocha terkenal saat membela Persipura dari tahun 2005 sampai 2009. Kerennya, pemain dari Brasil ini bisa menjuarai Liga Indonesia saat tahun pertamanya di klub asal Papua tersebut. Juara kedua yang diraih oleh David datang pada tahun 2008 ketika Persipura berhasil keluar sebagai juara.

7. Danilo Fernando.

7 pemain brazil merumput di indonesia sukses © 2018 brilio.net

foto: bola.com

Danilo bermain dengan cemerlang di Indonesia. Pemain depan ini berhasil meraih dua trofi Liga Indonesia dengan klub Persebaya Surabaya dan Persik Kediri. Trofi pertamanya diraih setelah menyumbang satu gol untuk Persebaya Surabaya pada tahun 2004. Trofi keduanya diraih setelah mengalahkan PSIS Semarang dengan skor 1-0 pada tahun 2006.

RECOMMENDED BY EDITOR