Brilio.net - Pelatih Indra Sjafri berhasil menemukan bibit unggul persepakbolaan Indonesia. Egy Maulana Vikri, pemuda asal Medan, Sumatra Utara telah dididiknya sejak belia. Kini Egy bersinar di Timnas U-19. Kemampuannya diakui tingkat dunia. Media asal Inggris, The Guardian, merilis daftar 60 pemain muda paling bertalenta dunia. Nama Egy tercantum di dalamnya. Hingga kini Egy belum terdaftar resmi dalam klub manapun. Dia masih sibuk menjalani latihan dan berbagai laga untuk memperkuat Timnas.

Sebenarnya sudah ada beberapa klub dari dalam maupun luar negeri yang tertarik mendatangkan Egy baik untuk tahap trial maupun kontrak. Dari dalam negeri, Bali United menawarkan kontrak selama lima musim, namun tawaran itu ditolak sebab Egy telah menetapkan keinginan untuk mengembangkan permainannya di Eropa. Nah, berikut beberapa klub lainnya, seperti dihimpun dari berbagai sumber, Minggu (29/10).

1. Real Madrid, Spanyol.

Klub untuk Egy  © 2017 google.com

foto: rushhourdaily.com

Orangtua angkat Egy Maulana Vikri, Subagja Suihan, dibantu oleh agen pemain asal Indonesia, Gabriel Budi, telah sepakat dengan agen pemain asal Kroasia, Duzan Bogdanovic, untuk mendapatkan klub Eropa yang ideal di mana Egy akan mengembangkan bakatnya. Rencananya Egy akan berangkat ke Spanyol pada bulan November untuk menjajaki klub Real Madrid. Klub raksasa La Liga ini menawarkan trial bagi Egy.

2. Getafe, Spanyol.

Klub untuk Egy  © 2017 google.com

foto: golden-goals.com

Getafe juga menawarkan trial bagi Egy. Dalam lawatan ke Spanyol bulan November mendatang, klub ini akan masuk dalam daftar penjajakan.

3. Espanyol, Spanyol.

Klub untuk Egy  © 2017 google.com

foto: supershirts.us

Espanyol juga menawarkan trial dan masuk dalam daftar kunjungan pihak Egy pada November mendatang.

4. Benfica, Portugal.

Klub untuk Egy  © 2017 google.com

foto: youtube.com

Klub Sport Lisboa Benfica yang berbasis di Lisbon ini mengundang Egy untuk menjalani trial dengan menanggung asuransi cedera. Surat itu disampaikan melalui PSSI yang ditandatangani General Manager of the Youth Football Departmen Benfica, Pedro Mil-Homens.

5. Sporting Lisbon, Portugal.

Klub untuk Egy  © 2017 google.com

foto: macron.com

Selain Spanyol, pihak Egy pada November mendatang juga akan ke Portugal untuk melihat kemungkinan klub Sporting Clube de Portugal ini untuk mengontrak Egy. Tim ini juga menawarkan trial untuk Egy.

6. Selangor FA, Malaysia.

Klub untuk Egy  © 2017 google.com

foto: twitter/@FASelangorMy

Tim yang merekrut Andik Vermansyah ini telah menyodorkan kontrak untuk Egy selama dua tahun dengan gaji sebesar Rp 2 miliar per musim. Klub ini menghubungi langsung ayah angkat Egy, Subagja Suihan.

7. Chainat Hornbill FC, Thailand.

Klub untuk Egy  © 2017 google.com

foto: youtube.com

Klub yang akan berlaga di Thai League 1 2018 setelah menjadi juara Thai League 2 musim 2017 lalu ini menawari kontrak selama 2 tahun kepada Egy dengan gaji sebesar USD 7.000 (sekitar Rp 95 juta) per bulan. Nilai itu bisa meningkat menjadi USD 10.000 (kisaran Rp 135 juta) jika Egy bermain sebanyak 20 kali di laga penting. Klub yang berdiri pada 2009 ini juga bakal memfasilitasi Egy dengan rumah, mobil, dan tiket PP Indonesia-Thailand untuk tiga orang. Ditambah peluang untuk menembus klub di Bundesliga jika performa Egy dinilai baik. Surat tawaran itu ditandatangani oleh Executive Vice President Chainat Hornbill FC, Anurat Nakasai.

Pihak Egy telah menyatakan akan menolak klub yang hanya menawari trial. Performa Egy di ajang Piala AFF U-18 dan Kualifikasi Piala Asia U-19 dianggap cukup untuk menjadi peniliaan kemampuan Egy. Klub yang berani langsung memberikan tawaran kontraklah yang akan dipilih. Selain itu, klub yang bisa memfasilitasi temnpat tinggal dan pendidikan tinggi Egy akan lebih dilirik.