Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Olahraga
Yusuf Harfi (brl/guf)

22 Juni 2019 09:00

7 Inovasi Bali United di bidang bisnis, punya taman bermain

Klub berjuluk Serdadu Tridatu itu sebagai klub paling profesional di Indonesia saat ini..

7 Inovasi Bali United di bidang bisnis, punya taman bermain

View Image



Brilio.net - Bali United merupakan klub sepak bola asal Pulau Bali yang kerap mencuri perhatian. Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015, Bali United kerap melakukan inovasi di bidang bisnis yang kebanyakan belum dilakukan oleh klub sepak bola Indonesia lainnya.

Meski baru berusia empat tahun, Bali United langsung menjelma menjadi klub papan atas di Liga Indonesia. Bahkan, tak jarang banyak pihak menilai klub berjuluk Serdadu Tridatu itu sebagai klub paling profesional di Indonesia saat ini.

Inovasi-inovasi bisnis Bali United berhasil mendatangkan pemasukan yang tak sedikit bagi keuangan klub dari berbagai lini usaha. Di sisi lain, selama ini banyak klub di Indonesia yang hanya mengandalkan keuangan dari pihak sponsor. Bahkan, ada sejumlah klub di Indonesia yang masih bergantung pada anggaran APBD pemerintah daerah.

Lantas apa saja inovasinya? Yuk simak 7 inovasi bisnis Bali United seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (22/6) berikut ini.

1. Melantai di bursa saham.

Loading...

inovasi bali united  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@baliunitedfc

Baru-baru ini, Bali United banyak diperbincangkan kalangan pecinta sepak bola hingga pengamat ekonomi setelah secara resmi melepas sahamnya ke bursa saham. Langkah tersebut membuat Bali United sebagai klub sepak bola pertama di Asia Tenggara yang go public di bursa saham. Tak tanggung-tanggung, dana sebesar Rp 350 miliar ditargetkan Bali United dapat dihimpun usai melantai di bursa saham.

2. Toko merchandise.

inovasi bali united  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@baliunitedfc

Untuk menambah pemasukan klub, Bali United memiliki sebuah toko resmi yang menjual berbagai koleksi merchandise Bali United, mulai dari jersey, mug, jam dinding, dan berbagai aksesoris lain. Toko itu mulai dibuka sejak Oktober 2018 lalu. Hingga kini, tak banyak klub sepak bola Indonesia yang sudah memiliki toko resmi menjual aksesoris klub.

3. Bali United Play Land.

inovasi bali united  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@baliunitedfc

Manajemen Bali United melakukan inovasi yang cukup menarik dalam rangka meningkatkan penonton yang datang ke stadion. Sejak tahun 2018 lalu, Bali United telah memperkenalkan salah satu fasilitas baru yang ada di Stadion I Wayan Dipta, yakni Bali United Play Land. Fasilitas tersebut dibuka sebagai sarana bermain para penonton bersama anaknya yang dilengkapi sejumlah wahana menarik.

4. Tur stadion.

inovasi bali united  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@baliunitedfc

Fasilitas yang dikembangkan oleh Bali United lainnya yang tidak bisa ditemukan di stadion milik klub sepak bola lain ialah adanya tur stadion. Lewat program tersebut, kalangan umum bisa mengikuti tur mengelilingi Stadion I Wayan Dipta, markas Bali United, mulai dari tribun, ruang ganti pemain, hingga masuk ke dalam lapangan. Paket dan tarif yang bisa dipilih peserta tur pun beranekaragam.

5. Punya cafe di stadion.

inovasi bali united  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@baliunitedcafe

Inovasi lain yang dilakukan oleh manajemen Bali United untuk membuka ladang bisnis baru ialah dengan membangun sebuah cafe di Stadion I Wayan Dipta. Cafe tersebut mirip dengan konsep yang diterapkan Manchester United yang juga memiliki cafe yang memungkinkan pengunjung dapat melihat bagian lapangan di dalam stadion. Selain menjual berbagai makanan, cafe tersebut juga sering mengadakan kegiatan menarik untuk para pengunjung.

6. Punya tim eSport.

inovasi bali united  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@iogesports

Tak berhenti di situ, Bali United juga punya inovasi yang menjadikan mereka sebagai klub pertama di Indonesia yang memiliki tim eSport bernama Island of Gods pada tahun 2018. Tim eSport tersebut dibentuk dalam rangka melebarkan sayap di luar sepak bola yang tentu akan berimbas juga dari sisi bisnis klub Bali United.

7. Punya radio dan stasiun TV sendiri.

inovasi bali united  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@baliunitedfc

Inovasi bisnis Bali United terakhir ialah dengan memiliki media sendiri bernama Bali United FM. Stasiun radio itu diperkenalkan pada awal tahun 2019 dengan frekuensi 106,9 FM. Sebelumnya pada tahun 2016, Bali United telah memperkenalkan Bali United TV sebagai stasiun televisi milik klub. Selain untuk unit bisnis, kedua media itu juga bertujuan untuk memberikan informasi yang akurat mengenai klub serta mendekatkan diri dengan para penggemar setianya.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Olahraga Sepak Bola Indonesia Sepak Bola Bisnis Unik
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE