Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Olahraga
Yusuf Harfi (brl/gib)

08 September 2019 16:02

6 Pebulu tangkis jebolan PB Djarum ini punya prestasi mendunia

PB Djarum akan menghentikan beasiswa atlet bulu tangkis.

6 Pebulu tangkis jebolan PB Djarum ini punya prestasi mendunia

View Image



Brilio.net - Klub bulu tangkis PB Djarum tengah menjadi perbincangan. Hal tersebut terjadi lantaran mereka memutuskan tak lagi menggelar audisi beasiswa bulu tangkis pada tahun 2020 mendatang.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Direktur Program Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin dalam konferensi pers pada Sabtu (7/9). Yoppy mengatakan bahwa tahun 2019 akan menjadi tahun terakhir even ini diadakan.

"Kita sudah memutuskannya, tidak ada deal-dealan lagi, diterima atau tidak, kita sudah memutuskan seperti itu," tegas Yoppy seperti dikutip brilio.net dari laman resmi pbdjarum.org, Minggu (8/9).

BACA JUGA: Ini penjelasan lengkap PB Djarum tak adakan audisi lagi tahun depan

PB Djarum sendiri sedang berkonflik dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang menilai even ini melanggar eksploitasi anak. KPAI mendorong Djarum Foundation untuk menghentikan penggunaan anak sebagai promosi brand image dalam kegiatan tersebut.

Loading...

Selama ini, PB DJarum dikenal sebagai salah satu klub bulu tangkis terbaik di Indonesia. Bukan hanya satu dua, melainkan banyak atlet bulutangkis Indonesia yang berprestasi di dunia lahir dari klub yang berbasis di Kudus, Jawa Tengah tersebut.

Kesuksesan PB Djarum melahirkan atlet-atlet bulutangkis top tidak dapat dilepaskan dari faktor sistem pembinaan usia muda. Setiap tahunnya, PB Djarum menggelar audisi dan menyediakan beasiswa pemain berbakat di berbagai daerah di Indonesia.

Bagi mereka yang lolos audisi, fasilitas bintang lima siap memanjakan para atlet. Seperti diketahui, PB Djarum memiliki GOR mewah hingga asrama bagi atlet binaannya mulai dari level U-12 hingga U-24.

Lantas siapa saja atlet bulutangkis jebolan PB Djarum yang berprestasi? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (8/9), berikut 5 pebulu tangkis berprestasi jebolan PB Djarum.

1. Kevin Sanjaya Sukamuljo.

jebolan pb djarum istimewa

foto: Instagram/@kevin_sanjaya

Siapa tak kenal Kevin Sanjaya? Sosok pebulu tangkis muda ini menjelma menjadi legenda hidup bulutangkis Indonesia dengan torehan prestasi internasionalnya. Kevin telah bergabung bersama PB Djarum sejak tahun 2007 lalu. Saat ini, ia dipasangkan dengan Marcus Fernaldi Gideon di ganda putra.

Kesuksesan mereka di berbagai turnamen membuat keduanya menduduki peringkat satu dunia di sektor ganda putra. Pada tahun 2017, bersama Marcus Fernaldi Gideon ia mendapatkan penghargaan dari BWF sebagai pemain badminton terbaik ganda putra masa kini.

2. Mohammad Ahsan.

jebolan pb djarum istimewa

foto: Instagram/@king.chayra

Meski tak muda lagi, Mohammad Ahsan masih dikenal sebagai pebulutangkis paling ditakuti lawan hingga saat ini. Baru-baru ini, bersama pasangannya di ganda putra, Hendra Setiawan, ia meraih gelar juara di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2009.

Pemain berusia 32 tahun itu telah bergabung dengan PB Djarum sejak tahun 2007. Atas prestasinya PB Djarum melalui Djarum Foundation memberikan apresiasi terhadap Mohammad Ahsan yang berprestasi Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019. Ahsan mendapatkan hadiah uang dengan jumlah Rp 550 juta.

3. Tontowi Ahmad.

jebolan pb djarum istimewa

foto: Instagram/@tontowiahmad_

Tontowi Ahmad bergabung dengan PB Djarum pada tahun 2005, yakni di usianya yang masih 18 tahun. Namanya mulai populer di tahun 2010 setelah dipasangkan dengan Liliyana Natsir.

Tontowi sukses menjadi salah satu pemain Indonesia yang berhasil merasakan bagaimana rasanya jadi juara dunia, antara lain All England tiga kali berturut-turut tahun 2012 sampai 2014.

4. Alan Budi Kusuma.

jebolan pb djarum istimewa

foto: Instagram/@alanbudikusumaofficial

Suami Susi Susanti, Alan Budi Kusuma juga mengasah kemampuannya sebagai pebulu tangkis top dunia di PB Djarum. Buktinya, ia berhasil meraih medali emas Olimpiade 1992 dan juga menjuarai Thomas Cup tahun 1996. Usai gantung raket, Alan Budi Kusuma aktif sebagai salah satu tim pencari bakat PB Djarum.

5. Hariyanto Arbi.

jebolan pb djarum istimewa

foto: bola.com

Legenda bulu tangkis Indonesia, Hariyanto Arbi merupakan jebolan PB Djarum sebagai tunggal putra. Ia berhasil menorehkan prestasi di tahun 1990-an, tak tanggung-tanggung tiga gelar Piala Thomas ia persembahkan untuk Indonesia.

Selain itu, ia pernah menjuarai All England dua tahun berturut-turut pada tahun 1993 dan 1994. Atas kesuksesannya tersebut, Hariyanto Arbi kemudian masuk dalam tim pencari bakat audisi Djarum sejak tahun 2018 lalu.

6. Liem Swie King.

jebolan pb djarum istimewa

foto: bola.com

Salah satu legenda bulu tangkis Tanah Air ialah Liem Swie King. Mulai bermain bulu tangkis sejak kecil atas dorongan orangtuanya di kota kelahiran Kudus, Swie King yang lahir 28 Februari 1956 akhirnya masuk ke dalam klub PB Djarum yang banyak melahirkan para pemain nasional.

Kalau berbicara tentang prestasi, Liem Swie King punya sederet prestasi yang luar biasa. Sederet prestasi dunia yang telah diboyongnya antara lain All England tahun 1978, 1979 dan 1981. Selain itu, Liem Swie King juga menjuarai gelaran Juara Thomas Cup 1976, Juara Thomas Cup 1979, dan Juara Thomas Cup 1984.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

PB Djarum Atlet Bulutangkis Atlet Badminton Atlet Indonesia KPAI PT Djarum Bulu Tangkis Pebulu Tangkis Djarum Foundation
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE