Brilio.net - Nama Kevin Sanjaya Sukamuljo pastilah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, terutama para pencinta badminton. Bakat dan kepiawaiannya dalam memainkan shuttlecock membuat dirinya menyandang gelar sebagai pemain ganda putra terbaik yang dimiliki Indonesia dan bahkan pada level dunia.

Kini, seiring dengan kemenangan dan gelar demi gelar yang diraih, ia dan partner bermainnya, Marcus Fernaldi Gideon menempati posisi pertama dunia. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan Marcus, sosok Kevin sendiri bisa dibilang memang langka.

Jika dirunut ke belakang, meski telah berulang kali berganti pasangan, hasilnya selalu saja menjanjikan. Konsistensi seperti itulah yang tak banyak dimiliki oleh pemain lainnya.

Nah, lalu siapa saja ya pemain bulu tangkis yang pernah dipasangkan dengan Kevin Sanjaya? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (15/4), berikut keenam sosoknya.

1. Lukhi Apri Nugroho.

Loading...

tandem Kevin Sanjaya berbagai sumber

foto: pbdjarum.org

Saat masih berada di PB Djarum Kudus, Kevin sempat dipasangkan dengan Lukhi Apri Nugroho. Mereka lalu sukses menjadi runner up di kejuaraan Singapore Internasional Series 2011. Kala itu Kevin masih berusia 14 tahun, namun mampu mengalahkan lawan-lawan berat dalam perjalanan menuju final. Bersama Lukhi Apri Nugroho pula Kevin sukses mencatatkan raking tertinggi di posisi 182 dunia pada Juni 2012.

2. Masita Mahmudin.

tandem Kevin Sanjaya berbagai sumber

foto: pbdjarum.org

Setahun usai berpisah dengan Lukhi, Kevin mencoba peruntungan di nomor ganda campuran bersama Masita Mahmudin. Prestasi terbaiknya saat diduetkan dengan Masita ialah menjadi runner-up di ajang BWF World Junior Championship di Bangkok, Thailand.

Penampilan epiknya kala itu membuat media Thailand bahkan memberikan apresiasi khusus kepada Kevin. Mereka memberikan julukan Flying Kevin karena dia sering melakukan jump smash.

3. Selvanus Geh.

tandem Kevin Sanjaya berbagai sumber

foto: badmintonindonesia.org

Pada 2014, Kevin sempat dipasangkan dengan Selvanus Geh. Pasangan tersebut sukses mendulang banyak gelar bergengsi di turnamen level International Challenge dan International Series. Pada tahun yang sama, mereka sukses menjuarai tiga turnamen sekaligus, yaitu Selandia Baru Grand Prix Gold, Vietnam International Challenge dan Bulgarian International Challenge. Sementara itu, pada kejuaraan Indonesia Masters 2014 mereka sukses menyegel status runner Up.

4. Greysia Polii.

tandem Kevin Sanjaya berbagai sumber

foto: badmintonindonesia.org

Tak melulu bermain di nomor ganda putra, Kevin juga pernah diturunkan di sektor ganda campuran bersama Greysia Polii. Dalam pertandingan Indonesia Terbuka Super Series Premier 2014 di Istora Senayan, Jakarta, mereka berhasil mengalahkan ganda campuran peringkat satu dunia, Zhang Nan/Zhao Yunlei.

5. Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira.

tandem Kevin Sanjaya berbagai sumber

foto: badmintonindonesia.org

Bersama dengan Wahyu Nayaka, Kevin mampu tampil tanpa beban dan tak banyak mengubah pola permainan. Hal tersebut pun terbuktikan saat ia tampil di Indonesia Masters 2016, yang mana hanya sempat dua kali latihan sebelum turnamen, namun berhasil menjadi kampiun.

6. Marcus Fernaldi Gideon.

tandem Kevin Sanjaya berbagai sumber

foto: bola.com

Sejak dipasangkan dengan Marcus pada akhir 2015, Kevin terbukti berhasil menjadikan pasangan ini begitu ditakuti banyak lawan. Jika dalam performa terbaik mereka, The Minions nyaris tak punya kelemahan.

Kolaborasi mental kuat yang dimiliki Marcus dan gaya bermain Kevin yang begitu eksplosif selalu saja berhasil menuai decak kagum para penonton yang menyaksikannya.

RECOMMENDED BY EDITOR