Brilio.net - Saat ini banyak orang menyukai olahraga yoga, mulai dari anak muda hingga orang tua. Selain karena alasan kesehatan upaya untuk menenangkan diri juga menjadi alasannya. Tak seperti olahraga lainnya, yoga memang menyisipkan meditasi di dalamnya. Gerakan-gerakannya yang menantang juga menjadi daya tarik tersendiri untuk kalangan anak muda.

Kamu termasuk penyuka olahraga ini juga? Tahu nggak sih, ternyata selain gerakan-gerakannya yang rumit, olahraga yang membutuhkan konsentrasi ini juga mempunyai bermacam-macam kelas yang unik lho.

Penasaran seperti apa saja yoga yang unik tersebut? Berikut brilio.net lansir dari oddee.com, Rabu (20/7) enam macam yoga yang tak hanya menyehatkan tapi juga unik.

1. Doga, Yoga dengan anjing

macam yoga unik © 2016 brilio.net

Doga atau yoga anjing adalah sebuah teknik meditasi yang dikombinasi antara gerakan peregangan dan pijat untuk anjing dengan pemiliknya. Hal ini dipercaya bagus untuk kesehatan anjing dan bisa meredakan stress yang dirasakan manusia. Alasana memilihi anjing sebagai partner pun karena hewan ini dirasa mempunyai empati yang tinggi dan memiliki koneksi yang kuat dengan sang pemilik.

BACA JUGA: 7 Tebak-tebakan ini benar-benar menguji kecerdasan, kamu berani coba?

2. Yoga Raves, Yoga dengan suasana hingar bingar klub

macam yoga unik © 2016 brilio.net

Jika biasanya yoga dilakukan di dalam ruangan yang tenang, yoga yang satu ini justru dipraktikkan di dalam suasana ingar bingar seperti layaknya sebuah klub malam. Bahkan praktik yoga ini memperbolehkan orang untuk merokok hingga minum alkohol layaknya di dalam klub malam, meski begitu mereka tidak menutup diri dari orang yang tidak meminum alkohol ataupun vegetarian.

3. Aerial Yoga, gerakan yoga yang melawan gravitasi

macam yoga unik © 2016 brilio.net

Aerial yoga merupakan kombinasi dari seni aerial dan yoga tradisional dengan bantuan alat berupa kain yang digunakan sebagi tali untuk bergantung dengan posisi kepala berada di bawah. Teknik ini disebutkan juga merupakan bagian dari pilates dan senam.

4. Equine Yoga, Yoga dengan kuda

macam yoga unik © 2016 brilio.net

Yoga ini mendorong ikatan manusia dengan kuda agar selaras secara mental dan fisik. Yoga ini sering diikuti oleh joki pacuan kuda.

Selain teknik peregangan seperti yoga umumnya, mereka juga melakukan teknik-teknik tertentu di atas kuda. Melalui gerakan-gerakannya dipercaya mampu membuat manusia dan sang kudanya untuk tetap fokus.

5. Tantrum Yoga

macam yoga unik © 2016 brilio.net

Yoga yang satu ini dalam praktiknya meminta kita untuk menjerit atau berteriak, hal ini karena menjerit dipercaya baik untuk kesehatan. Karena kita bisa mengeluarkan emosi yang selama ini terpendam.

Selain menggunakan teknik-teknik yoga tradisional, seperti pernapasan, peregangan, dan mediasi juga menambahkan teknik tari dan vokal. Banyak orang mengatakan jika setelah berteriak dalam sesi yoga ini mereka menjadi lebih santai dan siap menghadapi tantangan hidup dengan cara yang sehat dan seimbang.

6. Karaoke Yoga

macam yoga unik © 2016 brilio.net

Dalam praktik yoga yang satu ini selain gerakan-gerakan konvensional, mereka menyisipkan lagu-lagu tertentu seperti The Beatles. Para peserta juga akan dibuat untuk menyanyi dan menari. Dari lagu-lagu yang digunakan sebagai backsoundnya mereka menemukan penafsiran-penafsiran akan arti hidup.