Brilio.net - Di tengah merebaknya penyebaran Virus Corona (Covid-19), tidak menyurutkan masyarakat Jepang untuk menyaksikan api Olimpiade 2020. Seperti dilaporkan Thenational.ae, Minggu (22/3), meskipun ada kekhawatiran tentang pandemi Virus Corona, namun puluhan ribu warga di Prefektur Miyagi di timur laut Jepang tetap berkerumun untuk menyaksikannya.

Api Olimpiade tiba di Tokyo, Jepang, Jumat (20/3) disambut dengan sederhana, tanpa upacara penyambutan yang meriah. Penyebaran Virus Corona di seluruh dunia juga masih menimbulkan keraguan apakah Olimpiade Tokyo 2020 akan berjalan sesuai jadwal, ditunda, atau malah dibatalkan.

Maklum, pandemi Virus Corona telah mengubah sejumlah kalender olahraga global. Beberapa liga olahraga top dunia termasuk beberapa turnamen besar harus ditangguhkan.

Kendati begitu, keberadaan api Olimpiade 2020 tetap menarik perhatian masyarakat Jepang. Disebutkan Thenational.ae, sedikitnya 50 ribu orang rela antre untuk menyaksikan api Olimpiade yang diletakan di Stasiun Sendai, Miyagi. Wilayah ini menjadi salah satu daerah yang dipilih karena merupakan simbol kebangkitan kawasan yang pernah porak-poranda akibat gempa bumi, tsunami, dan krisis nuklir 2011.

Tidak sedikit warga Miyagi yang mengambil kesempatan ini untuk berfoto di depan api Olimpiade 2020. “Saya antre selama tiga jam, tetapi bisa menyaksikan nyala api Olimpiade sangat membesarkan hati,” kata seorang wanita berusia 70 tahun kepada penyiar NHK.

Loading...

Namun panitia yang khawatir tentang kerumunan, telah memperingatkan bahwa acara itu bisa ditunda jika jumlahnya menjadi sangat padat. Relai obor nasional api Olimpiade 2020 di Jepang akan dimulai pada 26 Maret, diawali dari kompleks olahraga J-Village di Fukushima yang digunakan sebagai pangkalan bagi para pekerja selama bencana nuklir 2011.

Tetapi panitia terpaksa mengurangi jumlah estafet, menutup upacara harian kepada publik dan mendesak para penonton untuk menghindari membuat kerumunan di sepanjang rute yang akan dilewati.

Berikut foto-foto warga Jepang yang antusias ingin menyaksikan api Olimpiade 2020 meski masih diselimuti penyebaran Virus Corona.

1. Warga yang rata-rata mengenakan masker rela antre untuk menyaksikan api Olimpiade Tokyo 2020 di Stasiun Sendai, Prefektur Miyagi. (Kyodo/Reuters via Thenational.ae)

Api Olimpiade © 2020 brilio.net

2. Api Olimpiade yang berada di Taman Peringatan Pemulihan Tsunami Ishinomaki Minamihama, Ishinomaki, Prefektur Miyagi mengundang perhatian warga Jepang. (EPA)

Api Olimpiade © 2020 brilio.net

3. Begini antrean warga Jepang yang ingin melihat api Olimpiade di Taman Peringatan Pemulihan Tsunami Ishinomaki Minamihama. (EPA)

Api Olimpiade © 2020 brilio.net

4. Salah satu keluarga selfie di depan api Olimpiade di Taman Peringatan Pemulihan Tsunami Ishinomaki Minamihama. (EPA)

Api Olimpiade © 2020 brilio.net

5. Pengunjung mengambil foto salah satu pintu masuk utama Stadion Olimpiade di Tokyo. (AP via Thenational.ae)

Api Olimpiade © 2020 brilio.net

6. Sekelompok mahasiswa dari Uruguay berpose di luar Stadion Olimpiade di Tokyo. (AP via Thenational.ae).

Api Olimpiade © 2020 brilio.net

 

RECOMMENDED BY EDITOR