Brilio.net - Sudah bukan rahasia lagi jika turnamen e-Sports selalu mendapat perhatian para penikmat game. Makanya nggak heran ketika turnamen digelar selalu diramaikan tim-tim yang bertarung.

Selain untuk menguji kemampuan mereka, sebuah turnamen juga kerap dijadikan ajang bagi para tim untuk meraih prestasi. Tujuannya agar mereka bisa naik kelas dan dapat bertanding di kancah dunia. Disamping itu, sebuah turnamen biasanya menawarkan hadiah total yang cukup menggiurkan.

Salah satu turnamen e-Sports yang cukup banyak mengundang perhatian gamer adalah yang mempertandingkan game survival Free Fire. Turnamen besutan Garena Indonesia ini selalu disambut antusias para tim e-Sports. Setelah sukses menggelar turnamen esports Free Fire pada 2018 lalu, kini Garena Free Fire kembali digelar.

Turnamen Free Fire 2020 © 2020 brilio.net

“Kami terus berkomitmen meningkatkan prestasi anak bangsa melalui e-Sports. Melalui turnamen FFML Season II dan FFIM 2020 Fall ini, kami berharap agar semakin banyak atlet profesional e-Sports yang lahir dan siap berprestasi mengharumkan nama bangsa di turnamen internasional mendatang,” ujar Hans Kurniadi Saleh, Direktur Garena Indonesia.

Loading...

Bahkan kini kompetisi Garena Free Fire digelar dalam sebuah rangkaian turnamen yang cukup panjang. Turnamen yang menawarkan total hadiah sebesar Rp 2 miliar ini digelar mulai 8 Agustus 2020 hingga Oktober 2020.

Rangkaian turnamen dimulai dengan Free Fire Master League (FFML) Season II yang berlangsung mulai 8 Agustus—19 September 2020. Turnamen ditutup dengan kompetisi Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2020 Fall pada September—Oktober 2020.

Berikut 6 fakta rangkaian turnamen yang mengadu strategi para tim untuk meraih Booyah!

1. Diikuti 2 juta atlet

Turnamen Free Fire 2020 © 2020 brilio.net

Diperkirakan rangkaian turnamen ini akan diikuti 2 juta atlet e-Sports dari seluruh Indonesia. Selain untuk memperebutkan hadiah miliaran rupiah, para tim peserta juga berambisi meraih gelar juara agar bisa mewakili Indonesia di turnamen internasional.

2. Rekor MURI

Turnamen Free Fire 2020 © 2020 brilio.net

Sejak 2018, Free Fire telah melahirkan jutaan atlet e-Sports yang berprestasi mulai dari juara nasional bahkan juara dunia. Selain itu antusias peserta mengikuti turnamen Garena terus meningkat. Terbukti pada 2019 turnamen yang diselenggarakan Garena Free Fire memperoleh rekor MURI dengan 12.672 tim dan meningkat menjadi 514.000 tim di awal tahun 2020.

3. Ada 18 tim e-Sports profesional yang akan berlaga

Turnamen Free Fire 2020 © 2020 brilio.net

Turnamen FFML Season II ini akan mempertandingkan 18 tim e-Sports profesional Indonesia untuk meraih total hadiah Rp1,2 miliar. Ke-18 tim tersebut adalah Evos Esports, juara dunia di turnamen internasional Free Fire World Cup 2019. Lalu ada juga Island Of Gods, yang menjuarai turnamen regional Free Fire Asia Invitationals 2019.

Selain itu ada juga Onic Olympus yang pada Maret lalu menjuarai Turnamen Free Fire Indonesia Masters 2020 Spring. Tim lain yang tak kalah tangguh adalah RRQ Hades, Aura Esports, Team Aerowolf, , Bigetron Bit, Boom Esports, Dranix Vendetta, Red Bull Rebellion, DG Esports, Boss Titan, Onic Ares, First Raiders Bravo, DG Eternal, Boss Knightmare, Saudara Esports, dan Louvre King.

4. Menggunakan sistem liga

Turnamen Free Fire 2020 © 2020 brilio.net

Menggunakan sistem liga, 6 tim teratasnya kemudian akan menerima tiket emas langsung ke babak Grand Final turnamen tingkat selanjutnya yaitu Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2020 Fall. Oh iya, FFIM 2020 Fall terbuka untuk umum sehingga memberikan kesempatan kepada atlet e-Sports dari seluruh Indonesia. Tim terbaik dari turnamen FFIM 2020 Fall tidak hanya akan menjadi tim representatif Indonesia, namun juga berkesempatan memperebutkan total hadiah Rp 800 juta.

5. Mendapat dukungan pemerintah

Turnamen Free Fire 2020 © 2020 brilio.net

Turnamen ini pun mendapat dukungan pemerintah. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan, turnamen Free Fire e-Sports Indonesia yang diselenggarakan Garena Indonesia dapat menjadi momentum untuk meningkatkan sportivitas olahraga di Tanah Air. 

“Agar para masyarakat khususnya atlet e-Sports terinspirasi berkarya serta meraih sukses di kancah olahraga. Karena itu, saya sangat mendukung serta mengapresiasi adanya turnamen yang membawa semangat olahraga melalui turnamen Free Fire e-Sports Indonesia 2020 ini,” ujar Zainudin.

6. Catat jadwal pertandingannya

Turnamen Free Fire 2020 © 2020 brilio.net

Pertandingan FFML Season II dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 19.00 - 22.00 WIB mulai 8 Agustus—19 September 2020. Kemudian akan dilanjutkan dengan turnamen FFIM 2020 Fall mulai September—Oktober 2020. Nah para Survivals yang ingin menonton serunya pertandingan dapat menyaksikan Live Streaming di akun resmi YouTube Free Fire Esports Indonesia. 

RECOMMENDED BY EDITOR