Brilio.net - Rafting alias arung jeram adalah rekreasi sekaligus olahraga yang mendebarkan namun diminati banyak orang. Rekreasi ini pun ada tingkatan-tingkatannya.

Adrenalin terpacu setiap kali menjelang bertemu dengan jeram. Bagi yang benar-benar suka adrenalinnya terpacu, akan mencari aliran yang semakin menantang.

Tapi tentu tidak semua lokasi arung jeram yang cocok untuk semua orang. Bagi orang yang sangat suka memacu adrenalin, maka aliran yang deras jeramnya kebangetan bakal dijajal.

Nah, aliran di lima sungai berikut ini wajib dicoba untuk kamu yang ngaku pecinta arung jeram. Dijamin nantangin banget dah!

Klasifikasi ini berdasarkan penilaian dari American Whitewater Organization menggunakan International Scale of River Difficulty yang mengklasifikasikan Kelas I level mudah, sedangkan Kelas VI level sulit.

Dirilis brilio.net dari National Geographic, Rabu (10/8), berikut lima sungai yang wajib ditaklukkan para pecinta rafting.


1. Sungai Alsek dan Tatshenshini Rivers, Alaska dan Kanada.

rafting nantang  © 2016 brilio.net

foto: river journeys

Gunung es adalah salah satu pemandangan yang ditawarkan dua sungai tersebut. Sungai yang berada di perbatasan Alaska dan Kanada telah terkenal sebagai tempat arung jeram yang menantang. Tingkat kesulitannya ada di kelas V.


2. Sungai Magpie, Kanada.

rafting nantang  © 2016 brilio.net

foto: conservation alliance

Sungai Magpie terletak di Kabupaten Algoma, timur laut Ontario, Kanada yang bermuara ke Michipicoten Bay di Lake Superior dekat kota Wawa. Sungai ini masuk dalam kelas III-V.


3. Middle fork Sungai Salmon, Idaho, Amerika Serikat.

rafting nantang  © 2016 brilio.net

foto: trip advisor

Salmon River terletak di Idaho, sebelah barat laut Amerika Serikat. Sungai ini dikenal sebagai 'The River of No Return'. Salmon River telah menarik penggemar arung jeram selama beberapa generasi. Satwa liar menjadi pemandangan memesona seperti ibu beruang berenang menyeberangi sungai bersama anak-anaknya. Sungai ini masuk dalam kelas III.


4. Río Upano, Ekuador.

rafting nantang  © 2016 brilio.net

foto: andean trails

Rio Upano dikenal dengan 'Sungai Air Terjun Suci' berada di kelas arung jeram II-IV. Memiliki air terjun raksasa, pemandangan hutan hujan yang rimbun dan suku Ekuador asli.
 

5. Sungai Futaleufú, Chile.

rafting nantang  © 2016 brilio.net

foto: rafting durango

Sungai ini dikenal sebagai 'The Greatest Whitewater on the Earth'. Sungai ini berada di kelas III-IV.