Brilio.net - Meski baru kurang dari sepekan di gelar, ajang Sea Games ke-29 yang mengambil tempat di Negeri Jiran Malaysia sudah beberapa kali menorehkan tinta hitam. Beberapa negara kecewa terhadap tuan rumah Malaysia terkait beberapa insiden memalukan yang diterima mereka.

Berikut lima peristiwa memalukan yang terjadi dalam gelaran Sea Games ke-29 Malaysia 2017, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (20/8).

1. Adanya pembatasan siaran sepak bola yang dialami Myanmar.

Malaysia Shame © 2017 Istimewa

foto: youtube

Loading...

Sepak bola adalah cabang paling bergengsi di Sea Games. Namun rakyat Myanmar tak bisa menonton semua pertandingan timnas sepak bolanya karena adanya pembatasan siaran dari panitia lokal Malaysia.

Mereka beralasan tidak bisa menyiarkan pertandingan, lantaran stadion tersebut tidak memiliki fasilitas memadai untuk melakukan siaran langsung. Usulan untuk live streaming pihak federasi sepak bola Myanmar juga ditolak karena dianggap melanggar hak cipta.

2. Timnas sepak bola putri Thailand 'dikerjai' terkait tempat latihan.

Malaysia Shame © 2017 Istimewa

foto: istimewa

Timnas sepak bola putri Negeri Gajah Putih melalui pelatihnya, Spencer Prior mengaku kecewa karena pasukannya 'dikerjai' panitia lokal terkait tempat latihan. Jarak tempat latihan yang semula dikatakan hanya tiga kilometer dari hotel ternyata berjarak 30 kilometer.

Namun, Spencer belakangan mengakui kalau hal itu adalah kesalahannya.

3. Terlantarnya timnas sepak bola putri Myanmar setelah membantai Malaysia 5-0.

Malaysia Shame © 2017 Istimewa

foto: federasi sepak bola myanmar

Setelah membantai tuan rumah Malaysia dengan skor telak 5-0 pada Kamis (17/8) lalu, timnas putri Myanmar terlantar tak bisa kembali ke hotel karena sopir bus yang mereka tumpangi tak ada. Ada kabar bahwa sopir tersebut tiba-tiba ditangkap pihak kepolisian Malaysia.

4. Indonesia kecewa dan marah benderanya tercetak terbalik di buklet resmi Sea Games 2017.

Malaysia Shame © 2017 Istimewa

foto: twitter.com/@imam_nahrawi

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dan netizen Indonesia berang, lalu ramai-ramai mengecam kecerobohan panitia Sea Games Malaysia karena bendera Indonesia tercetak terbalik dalam buklet resmi Sea Games 2017. Tagar #ShameOnYouMalaysia jadi trending topic di Twitter untuk menyuarakan kekecewaan rakyat Indonesia.

5. Timnas sepak bola Indonesia kehabisan makanan di hotel.

Malaysia Shame © 2017 Istimewa

foto: istimewa

Kejadian memalukan selanjutnya terjadi saat timnas sepak bola Indonesia kehabisan makanan saat akan makan malam di hotel setempat. Meski bukan tanggung jawab penuh pihak panitia, peritiwa tersebut tak ayal bikin keki para pemain dan ofisial timnas.

RECOMMENDED BY EDITOR