Pada Sabtu (12/6), Euro 2020 resmi diselenggarakan setelah tahun kemarin tak bisa dilaksanakan, terkait pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia. Euro memang pesta sepak bola negara-negara di Benua Eropa, namun pagelarannya sangat dinantikan seluruh pecinta sepak bola di dunia.

Banyak hal menarik yang muncul dari Euro. Salah satunya adalah setiap rekor yang bisa dipecahkan di setiap pagelaran sepak bola bergengsi ini. Salah satu yang cukup menarik adalah ketika ada pemain yang bisa pecahkan rekor serba termuda di Euro.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (14/6), berikut kumpulan rekor atlet termuda yang pernah dipecahkan di pesta sepak bola Eropa yang digelar empat tahun sekali ini.

1. Jude Bellingham, pecahkan rekor pemain termuda yang pernah bermain di sepanjang sejarah Euro.

Loading...

rekor termuda di euro Instagram

foto: Instagram/@judebellingham

Belum genap sepekan Euro 2020 berlangsung, namun sudah ada pertandingan yang memecahkan rekor sepanjang sejarah Euro. Rekor yang terpecahkan adalah rekor pemain termuda yang pernah bermain di babak putaran utama Euro, yang dipecahkan oleh punggawa timnas Inggris, Jude Bellingham.

Dilansir dari antaranews.com, Bellingham memecahkan rekor menjadi pemain termuda yang pernah bermain di putaran utama Euro, di usianya yang masih 17 tahun 349 hari.

Namun rekor ini bisa saja tergeser, apabila pemain timnas Polandia yang berposisi sebagai gelandang, Kacper Kozlowski bermain. Kacper Kozlowski bisa jadi pemain termuda bila melakukan debut, karena usianya lebih muda 4 bulan dari Bellingham.

Jadi pada Euro 2020 ini, rekor pemain termuda mungkin bisa dipecahkan dua kali.

2. Rekor kiper termuda, dipegang oleh Jose Angel Iribar.

rekor termuda di euro Instagram

foto: Instagram/@athletic.clubfans_1898

Untuk gelar kiper termuda masih dipegang oleh kiper asal Spanyol, Jose Angel Iribar. Iribar memegang rekor kiper termuda di usia 21 tahun 108 hari. Gelar kiper termuda itu dipecahkan di ajang Euro 1964 dan masih bertahan hingga saat ini.

Dilansir dari uefa.com, tak hanya sampai di situ, Iribar masih jadi satu-satunya kiper yang bisa menjuari Euro di tahun yang sama dengan ketika dia melakukan debut.

3. Johan Vonlanthen, pencetak gol termuda sepanjang sejarah Euro.

rekor termuda di euro Instagram

foto: Instagram/@johanvonlanthen

Pada Euro 2004 rekor pencetak gol termuda dipecahkan dua kali hanya dalam kurun waktu empat hari saja. Rekor pertama dipecahkan oleh legenda timnas Inggris, Wayne Rooney.

Dilansir dari uefa.com, namun rekor itu hanya bertahan empat hari, setelah gelandang asal Swiss, Johan Vonlanthen mencetak gol di usia 18 tahun 141 hari. Gol itu dia ciptakan kala Swiss kalah dengan skor 3-1 dari timnas Prancis.

4. Renato Sanches, pemain termuda yang pernah tampil di partai final dan keluar sebagai juara Euro.

rekor termuda di euro Instagram

foto: Instagram/@renatosanches18

Dilansir dari uefa.com, Euro 2016 adalah momen paling indah bagi timnas Portugal, karena Portugal berhasil menjuarai ajang ini meski bukan termasuk tim unggulan juara pada saat itu. Momen manis ini juga jadi sangat indah bagi Cristiano Ronaldo, karena akhirnya bisa mempersembahkan gelar bergengsi pertama bagi negaranya.

Selain Ronaldo, ada pemain Portugal lain juga yang bahagia, yaitu Renato Sanches yang memecahkan rekor pemain termuda yang penah tampil di partai final Euro, pada usianya yang masih 18 tahun 328 hari.

Tak hanya sampai di situ, momen manis itu semakin lengkap karena dia bisa membantu Portugal untuk menjadi juara, setelah mengalahkan Prancis pada kala itu.

5. Pietro Anastasi, pencetak gol termuda di final Euro.

rekor termuda di euro Instagram

foto: Instagram/@nostalgia_italia

Pada partai puncak Euro 1968, Italia menjadi juara setelah mengalahkan musuhnya, Yugoslavia dengan skor 2-0. Salah satu dari dua gol itu dicetak oleh pemain muda, Pietro Anastasi.

Dilansir dari uefa.com, gol itu teramat spesial bagi Anastasi, karena berhasil menjadikan dia pemain termuda yang mencetak gol di partai final Euro, di usia 20 tahun 63 hari. Hingga kini rekor itu masih bertahan dan belum ada pemain lain yang memecahkannya.

RECOMMENDED BY EDITOR