Brilio.net - Naturalisasi di tubuh timnas sepak bola Indonesia bukan hal yang baru. Sejak naturalisasi Irfan Bachdim pada 2010, banyak pemain keturunan Indonesia yang kini tengah berkarier di luar negeri menyatakan ketertarikannya untuk bergabung dengan timnas Indonesia.

Tidak sedikit yang menyatakan keinginannya bergabung dengan timnas. Beberapa di antara mereka sukses bergabung dengan timnas, sebut saja Stefano Lilipaly hingga Tonni Cussel. Namun tak sedikit yang masih berharap dan dalam tahap naturalisasi.

Lalu siapa saja yang tertarik bergabung dengan timnas Indonesia? Dilansir dari berbagai sumber, brilio.net menghimpun 5 pemain keturunan yang ngebet membela timnas Indonesia pada Jumat (5/4) sebagai berikut.

1. Sandy Walsh.

pemain keturunan © 2019 brilio.net

foto: Instagram.com/sandywalsh

Sandy Walsh adalah pesepak bola muda yang kini bermain di Liga Belanda bersama klub Zulte Waregem. Sandy memiliki keturunan Indonesia dari ibunya, sedangkan ayahnya berasal dari Inggris.

Di umurnya yang terbilang masih muda, yakni 25 tahun, nama Sandy Walsh cukup dikenal di kalangan media Indonesia karena kesediaannya untuk dinaturalisasi dan membela timnas sepak bola Indonesia. Melalui media sosial, Sandy Walsh terlihat aktif mengikuti perkembangan timnas. Ia diketahui selalu menonton ketika timnas Indonesia bertanding.

2. Jordy Tutuarima.

pemain keturunan © 2019 brilio.net

foto: foxsport.co.id

Nama Jordy Tutuarima mungkin sudah cukup dikenal di kalangan pecinta timnas Indonesia. Jordy kini bermain untuk klub Belanda De Graafschap. Pemain 25 tahun ini berposisi sebagai bek kiri.

Keinginannya untuk bergabung dengan timnas Indonesia sudah cukup lama. Jordy adalah rekan setim pemain keturunan Indonesia lainnya, Stefano Lilipaly sewaktu membela SC Telstar di Belanda. Ia terlihat sering mengikuti perkembangan timnas Indonesia melalui Lilipaly maupun media sosialnya.

3. Navarone Foor.

pemain keturunan © 2019 brilio.net

foto: Instagram.com/navachesney

Navarone Foor adalah pesepak bola yang kini bermain di Liga Belanda bersama klub Vitesse Arnhem. Pemain berusia 27 tahun itu berposisi sebagai gelandang sayap.

Kedua orangtua Navarone Foor sebenarnya orang Indonesia, tepatnya keturunan Toraja. Namun, sejak lahir ia telah menetap di Belanda. Bahkan, ia sempat bergabung dengan timnas Belanda usia muda. Belakangan ini, ia menyatakan hasratnya untuk bisa membela timnas Indonesia melalui media sosial.

4. Joey Suk.

pemain keturunan © 2019 brilio.net

foto: Instagram.com/joeysuk

Joey Suk adalah pemain kelahiran Belanda, 29 tahun lalu yang kini memperkuat klub Kroasia HNK Gorica. Hasrat Joey Suk untuk membela timnas Indonesia sudah terlintas sejak beberapa tahun lalu. Bahkan, ia sempat dipanggil untuk berlatih bersama timnas Indonesia.

Namun, proses naturalisasi Joey Suk belum kunjung kelar. Sempat jarang diberitakan, kabar tentang proses naturalisasi Joey Suk dikabarkan tengah berlanjut. Hal itu ia konfirmasi melalui akun Instagramnya.

5. Darren Sidoel.

pemain keturunan © 2019 brilio.net

foto: Instagram.com/darren.sidoel

Mendengar namanya, memang cukup familiar dengan masyarakat Indonesia. Benar, mendengar nama pemain satu ini kamu pasti jadi ingat judul film 'Si Doel Anak Betawi'. Ya, Darren Sidoel merupakan pemain keturunan Indonesia yang kini berkarier di Liga Inggris. Ayah Darren berasal dari Suriname sedangkan ibunya adalah orang Jawa.

Lahir di Belanda, pemain yang kini berusia 21 tahun ini mengaku membuka kesempatan lebar apabila timnas Indonesia membutuhkan bantuannya. Ia mengungkapkan kesediaannya tersebut karena merasa masih menjadi bagian dari Indonesia.