Brilio.net - Para pencinta dunia olahraga, terutama badminton, pastilah tak asing lagi dengan sosok Liliyana Natsir. Perempuan yang akrab disapa Butet ini merupakan salah satu pebulu tangkis terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

Kecintaannya akan dunia tepak bulu membuat dirinya fokus bergelut di kancah bulu tangkis selama 24 tahun. Atlet kelahiran 1985 ini juga turut memperkuat Timnas Indonesia selama 17 tahun.

Medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 menjadi prestasi tertinggi yang pernah diraihnya bersama Tontowi Ahmad. Tak hanya itu, pemain asal Manado tersebut juga tercatat memiliki empat gelar Kejuaraan Dunia dan hattrick titel All England.

Atas kegemilangan prestasinya tersebut, tak heran jika kemudian banyak pebulu tangkis yang mengaku mengagumi dirinya. Beberapa bahkan menjadikan Butet sebagai panutan.

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, berikut 5 pebulu tangkis dunia yang mengaku kagumi Liliyana Natsir, Senin (27/4).

Loading...

1. Chen Qing Chen.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Your delicate technology in front of the net has always been the object of my study. If we speak the same languageI'd like to consult you face to face. I wish you a better and better life after your retirement

A post shared by (@chenqingchen0623) on

Pemain China, Chen Qingchen mengaku selalu menjadikan cara bermain Butet sebagai pembelajaran untuknya.

"Teknis halusmu di depan net selalu menjadi bahan pembelajaran bagi saya. Jika kita berbicara dengan bahasa yang sama, saya akan senang sekali berkonsultasi secara langsung. Semoga engkau menikmati kehidupan yang lebih baik setelah pensiun," tulis Chen di akun Instagram-nya.

2. Sapsiree Taerattanachai.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

@natsirliliyana is one of the best Mixed Doubles player that i’ve known. As an athlete and fellow badminton player, I respect and would like to wish you luck for your future... #happyretirement #liliyananatsir #sapsiree #indonesiamasterssuper500 #indonesiamasters2019

A post shared by Popor Sapsiree Taerattanachai (@popor_sapsiree) on

Bintang bulutangkis Thailand, Sapsiree Taerattanachai, atau yang akrab disapa Popor ini juga tersebut menaruh respek tinggi terhadap kiprah gemilang Liliyana.

"Liliyana Natsir merupakan salah satu pemain ganda campuran terbaik yang saya tahu. Sebagai seorang atlet dan sesama pemain bulutangkus, saya berdoa semoga Anda sukses pada masa mendatang," tulis Sapsiree di Instagram-nya.

3. Christinna Pedersen dan Kamilla Rytter Juhl.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by K. Rytter Juhl & C. Pedersen (@rytterjuhlpedersen) on

Pebulutangkis Denmark, Christina Pedersen dan mantan pasangannya yang telah pensiun, Kamilla Rytter Juhl, mengaku bersyukur punya pengalaman berduel melawan Liliyana.

"Liliyana Natsir, salah satu yang terhebat. Kami berdua sangat bersyukur punya kesempatan bertarung melawanmu. Selalu ada respek besar dari kedua belah pihak, ketika kita berjumpa," tulis Pedersen dan Rytter Juhl di akun Instagram mereka.

4. Goh Liu Ying.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Goh Liu Ying OLY (@gohliuying) on

Sama seperti Chen Qingchen, Goh Liu Ying juga menjadikan Liliyana sebagai inspirasi dan contoh dalam bermain bulu tangkis.

"Dari semua momen masa lalu, saya belajar banyak darimu. Terima kasih selalu menjadi lawan terbaik di lapangan," ucapnya, dikutip brilio.net dari Liputan6.

5. Lee Yong-dae.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Lee Yong Dae () (@leeyd88) on

Pebulu tangkis asal Korea Selatan ini mengaku bahwa Liliyana adalah pemain yang sangat berbakat dan sulit untuk dikalahkan.

"Saya pikir Liliyana adalah pemain yang sangat bagus di ganda campuran. Selalu sulit ketika menghadapinya di kategori ganda campuran," ujar Lee Yong-dae dikutip brilio.net dari Liputan6.

RECOMMENDED BY EDITOR