Brilio.net - Kabar duka datang dari dunia olahraga Tanah Air. Tati Sumirah, pemain bulu tangkis Indonesia di era tahun 1970 sampai 1980-an meninggal dunia. Ia mengembuskan nafas terakhir setelah sembilan hari dirawat di ICU Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur.

Dilansir dari Liputan6, Tati Sumirah meninggal pada usia 68 tahun lantaran kadar gula darah yang tinggi dan memilki masalah pada paru-paru. Almarhumah rencananya akan dimakamkan di TPU Kemiri Utan Kayu, Rawamangun, Jakarta Timur pada hari Jumat (14/2) ini.

Juniarto Suhandinata selaku Wakil Ketua PB Tangkas Jakarta pun merasa sangat kehilangan atas meninggalnya Tati Sumirah. Hal tersebut tentu bukannya tanpa alasan. Pasalnya, berkat dedikasi Tati yang begitu besar, Indonesia akhirnya bisa memboyong Piala Uber untuk pertama kalinya pada tahun 1975.

Tak hanya itu, legenda bulu tangkis kelahiran 1952 ini juga telah mengukir sejumlah prestasi bergengsi lainnya bagi Indonesia. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, berikut sederet prestasi yang pernah diraih oleh Tati Sumirah, Jumat (14/2).

1. Kejuaraan Asia 1971.

Loading...

Prestasi Tati Sumirah berbagai sumber

foto: bola.com

Pada Kejuaraan Asia yang digelar di Jakarta pada tahun 1971 Tati berhasil memboyong medali perunggu.

2. Asian Games 1974.

Prestasi Tati Sumirah berbagai sumber

foto: bola.com

Mewakili Indonesia di nomor tunggal putri, Tati Sumirah berhasil menyabet medali perak pada perhelatan Asian Games 1974 di Tehran.

3. Piala Uber 1975.

Pada laga final di Istora Senayan, Jakarta, 6 Juni 1975, Indonesia sukses merebut Piala Uber setelah menang 5-2 atas juara bertahan Jepang. Tati sukses menyumbangkan poin kemenangan dengan menekuk Atsuko Tokuda 11-5 dan 11-2.

4. Kejuaraan Dunia 1980.

Prestasi Tati Sumirah berbagai sumber

foto: liputan6.com

Tati Sumirah memenangkan medali perunggu di Kejuaraan Dunia IBF 1980 di nomor tunggal putri.

5. Piala Uber 1981.

Prestasi Tati Sumirah berbagai sumber

foto: liputan6.com

Legenda badminton di nomor tunggal putri ini berhasil meraih medali perak pada gelaran Uber Cup tahun 1981 di Tokyo.

RECOMMENDED BY EDITOR