Brilio.net - Liga sepak bola Eropa memasuki paruh kedua, dimulai pada awal Januari. Nah, selain bursa awal musim, Januari juga menjadi waktu bagi klub-klub menambah kekuatan dengan memanfaatkan bursa transfer kedua. Jendela transfer dibuka sejak awal Januari sampai tanggal 31 mendatang.

Dalam sejarah arus transfer memang jarang terjadi pembelian besar pada bursa ini. Tetapi, belakangan bursa diramaikan dengan pergerakan Barcelona yang ingin mendatangkan gelandang top.

Siapa saja nih pemain yang menjadi properti panas pada bursa transfer, berikut lima daftarnya:

5. Virgil van Dijk.

Transfer panas © beragam sumber

Loading...

foto: liverpoolfc.com

Nama Virgil van Dijk menyeruak di awal bursa transfer. Semua tak lepas dari pembelian Liverpool terhadap bek yang sebelumnya memperkuat Southampton tersebut dengan rekor dunia mencapai 75 juta poundsterling.

Bek asal Belanda ini diharapkan Juergen Klopp membantu Liverpool dalam persaingan gelar juara maupun partisipasi mereka di Liga Champions.

4. Leonardo Bonucci.

Transfer panas © beragam sumber

foto: fourfourtwo.com

Dikabarkan tak senang dengan prestasi AC Milan, Bonucci ramai dikaitkan dengan sejumlah klub papan atas Premier League. Manchester City adalah klub yang sempat dikabarkan meminati jasa eks Juventus ini. Tetapi, dalam pernyataan terbaru Bonucci menyatakan akan bertahan di Milan.

3. Giorgio Chiellini.

Transfer panas © beragam sumber

foto: fourfourtwo.com

Bek asal Italia lain yang juga dirumorkan hengkang di bursa Januari ini adalah Giorgio Chiellini. Ia disebut bakal didatangkan Chelsea. Mantan bosnya di Juventus Antonio Conte sangat ingin kembali bekerja sama dengan bek tangguh tersebut.

Tetapi rumor ini sedikit mereda setelah Chiellini memberi sinyal akan memperpanjang kontrak dengan Bianconeri, yang telah dibelanya sejak 2005 dan dipandangnya sebagai keluarga.

Conte juga membantah rumor tersebut. "Apakah kami mengincar Chiellini? Sejujurnya tidak. Chiellini adalah bek fantastis, tetapi menurut saya dia akan mengakhiri karier di Juventus. Menurut saya, sebaiknya dia pensiun di sana," ujar manajer berusia 48 tahun itu melanjutkan.

2. Antoine Griezmann.

Transfer panas © beragam sumber

foto: thesun.co.uk

Properti panas selanjutnya yang meramaikan bursa Januari adalah penyerang Atletico Madrid Antoine Griezmann. Striker berkebangsaan Prancis ini dikaitkan dengan Manchester United (Man U). Klub berjuluk Setan Merah ini berhasrat melabuhkan Griezmann ke Old Trafford menyusul cedera Romelu Lukaku dan Zlatan Ibrahimovic.

Lukaku mengalami cedera kepala saat bermain imbang tanpa gol melawan Southampton dan diperkirakan menepi sepekan. Sedang, Zlatan kembali bermasalah dengan lututnya. Demi perebutan gelar juara, Man U memang memerlukan penyerang mumpuni dan Griezmann yang dijanjikan gaji 300.000 poundsterling per pekan adalah jawaban pas.

1. Philippe Coutinho.

Transfer panas © beragam sumber

foto: ibtimes.co.uk

Saga transfer gelandang serang milik Liverpool ini terus menggeliat. Bahkan rencana transfer ini direcoki oleh apparel Barcelona, Nike, yang sempat kelepasan memasang promo Countinho berseragam Barcelona.

Liverpool sepertinya sudah bersiap tanpa gelandangnya tersebut karena beberapa laga terakhir sudah tak ditampilkan. Terakhir kali Countinho bermain untuk Liverpool adalah 30 Desember.

Nilai transfer Coutinho ke Barcelona kabarnya menyentuh angka 160 juta euro dan jika terwujud akan menjadi rekor tersendiri. Mantan Direktur Olahraga Inter Milan Marco Branca yang berperan mendatangkan Coutinho ke Italia ikut mengomentari rencana mega transfer ini.

"Saya ingat betul saat membawanya ke Inter hanya dengan 4 juta euro," ujar Branca dikutip dari fooball-italia.net, Rabu (3/1).

RECOMMENDED BY EDITOR