Brilio.net - Indonesia akan menggelar Pemilihan Umum (Pemilu) pada Rabu, 17 April mendatang. Pemilu 2019 tidak hanya memilih presiden dan wakil presiden saja, tetapi juga memilih anggota legislatif di setiap daerah dan provinsi di Indonesia.

Pemilihan anggota legislatif diikuti caleg yang berasal dari latar belakang yang bermacam-macam. Bahkan, kini tidak hanya orang yang sudah terjun di bidang politik saja yang maju menjadi caleg pada Pemilu 2019. Kalangan di luar politisi seperti artis, atlet, hingga mantan pemain sepak bola juga turut meramaikan persaingan caleg Pemilu 2019.

Mantan pemain sepak bola Indonesia yang terkenal pada masanya pun ambil bagian dalam pemilu tahun ini. Bahkan, mantan pemain berlabel tim nasional Indonesia juga turut ikut bersaing seusai pensiun dari dunia sepak bola.

Siapa saja mereka? Brilio.net menghimpun empat mantan pemain tim nasional Indonesia yang jadi caleg di Pemilu 2019 dari berbagai sumber pada Senin (15/4) sebagai berikut.

1. Kurnia Sandy.

mantan pemain timnas caleg © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ksandy01

Mantan penjaga gawang tim nasional Indonesia era 1990-an, Kurnia Sandy maju sebagai caleg DPRD Kabupaten Sidoarjo, ia diketahui mencalonkan diri melalui Partai Amanat Nasional (PAN).

Melalui jalur legislatif, Sandy mengaku ingin berupaya memajukan sepak bola di daerah Sidoarjo, tempat di mana ia mencalonkan diri. Kurnia Sandy dikenal sebagai kiper tim nasional Indonesia yang pernah berkarier di Italia bersama klub Sampdoria pada tahun 1996 hingga 1997. Karier tim nasional Kurnia Sandy berlangsung selama 3 tahun yakni dari tahun 1995 hingga 1998.

2. Erol Iba.

mantan pemain timnas caleg © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Erol Iba, salah satu penggawa timnas Indonesia era 2006-2009 memutuskan untuk maju sebagai caleg DPRD Provinsi Papua Barat. Ia mencalonkan diri melalui Partai Nasional Demokrat. Mantan pemain Sriwijaya FC dan Persebaya Surabaya ini punya motivasi unik yang membuatnya berambisi maju dalam pemilihan anggota legislatif. Ia mengaku tergerak karena ingin daerah asalnya, Papua bisa dialiri listrik dalam 24 jam.

3. Budi Sudarsono.

mantan pemain timnas caleg © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@budiphyton13

Budi Sudarsono adalah salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki tim nasional Indonesia pada awal era 2000-an. Setelah pensiun dari sepak bola, pemain berjuluk 'ular piton' itu diketahui terjun ke dunia politik. Ia maju dalam pemilihhan calon anggota legislatif pada Pemilu 2019 lewat Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ia maju sebagai caleg untuk DPRD Kabupaten Kediri. Sebagai mantan pemain sepak bola, ia bercita-cita menggerakkan ekonomi masyarakat, salah satunya melalui sepak bola.

4. Nilmaizar.

mantan pemain timnas caleg © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@coach_nilmaizar

Nilmaizar ialah mantan pemain sekaligus pelatih tim nasional Indonesia yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada Pemilu 2019. Ia maju memperebutkan kursi di DPR RI untuk dapil Sumatera Barat II melalui Partai Nasional Demokrat.

Seperti diketahui, Nilmaizar pernah menjadi salah satu pemain tim nasional pada tahun 1991 lalu. Sementara itu, karier kepelatihan Nilmaizar di tim nasional Indonesia berlangsung pada tahun 2012 hingga 2013. Ia juga pernah malang melintang melatih beberapa klub sepak bola di Indonesia

Ini merupakan kali kedua Nilmaizar mencalonkan diri dalam pemilu. Pada tahun 2014 lalu, Nilmaizar juga mencalonkan diri sebagai caleg namun gagal. Kegagalannya di tahun 2014 ternyata tidak membuat mantan pelatih Semen Padang tersebut kapok.