Brilio.net - Indonesia berada di posisi ke-5 perolehan medali SEA Games 2017. Tuan rumah Malaysia menjadi pengoleksi terbanyak, diikuti Thailand, Vietnam, lalu Singapura. Raihan jumlah medali adalah tolok ukur penting dalam ajang olahraga bergengsi negara-negara di Asia Tenggara tersebut.

Tak ada yang paling dikejar para atlet selain naik podium nomor satu untuk menerima medali emas. Ada kebanggan tak terkira ketika bisa mempersembahkan yang terbaik bagi negaranya. Bisa mengoleksii banyak medali tentu menjadi pencapaian tersendiri bagi karier sang atlet.

Beberapa atlet Tanah Air berikut ini berhasil memborong medali dari beberapa nomor. Ada yang sampai menggondol enam medali. Ini ulasannya dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (29/8).

1. Triady Fauzi Sidiq

Peraih Medali Terbanyak  © 2017 instagram

foto: triadyfauzi

Atlet renang asal Jawa Barat ini merebut medali emas nomor individual medley 200 meter; perak di tiga nomor yaitu freestyle 50 meter, butterfly 50 meter, butterfly 100 meter. Secara grup, dia juga menyumbang perak di nomor medley relay 4×100 meter serta perunggu di freestyle relay 4×100 meter. Total ada 6 medali yang diraihnya.

2. Rifda Irfanaluthfi

Peraih Medali Terbanyak  © 2017 instagram

foto: rifda_irfanaluthfi

Rifda lahir pada 16 Oktober 1999 yang berarti berusia 17 tahun. Dari cabang gimnastik, medali yang diperolehnya di SEA Games 2017 ini antara lain perak di nomor vault, perunggu di nomor uneven bars, emas di nomor balance beam, serta perunggu di nomor floor. Total ada 5 medali yang dibawa pulang Rifda.

3. Aflah Fadlan Prawira

Peraih Medali Terbanyak  © 2017 instagram

foto: fadlanprawira

Atlet cabang olahraga renang ini lahir pada 13 November 1997. Dia memenangkan medali perak nomor freestyle 400 meter, perunggu nomor freestyle 1500 meter, perak nomor individual medley 400 meter, serta perunggu open water 10 km. Total empat medali yang diraihnya baik perorangan maupun beregu.

4. I Gede Siman Sudartawa

Peraih Medali Terbanyak  © 2017 instagram

foto: siman_sudartawa

Perenang asal Bali ini menggondol medali emas backstroke 50 meter dan perak backstroke 100 meter secara individu. Dua medali lain yaitu perak nomor medley relay 4×100 meter dan perunggu nomor freestyle relay 4×100 meter diperoleh secara beregu. Total ada empat medali yang dikumpulkannya.