Brilio.net - Tak terasa perhelatan Asian Games 2018 tinggal menyisakan beberapa hari sebelum upacara penutupan yang akan dilangsungkan pada Minggu (2/9) mendatang. Ratusan atlet dari berbagai negara telah menunjukkan performa terbaiknya sepanjang lomba diselenggarakan. Sebagian berhasil mencatatkan diri sebagai juara, ada pula yang mencetak sejarah manis untuk negaranya.

Bagi beberapa atlet Indonesia, multi-event 4 tahunan ini menjadi ajang untuk tampil habis-habisan. Pasalnya, sejumlah jagoan Tanah Air memutuskan untuk pensiun paska Asian Game 2018. Keputusan ini sudah dipikirkan sejak jauh-jauh hari. Alasannya, sebagian atlet telah melampaui usia emasnya, sebagian lagi karena faktor cedera.

Berlaga di pesta olahraga untuk terakhir kalinya, 4 atlet Indonesia ini berhasil menyumbangkan medali lho. Siapa saja mereka? Yuk kita simak rangkumannya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber Kamis (30/8).

1. Lindswell Kwok

atlet pensiun © 2018 berbagai sumber

foto: Instagram/@lindswell_k

Ratu Wushu kebanggaan Tanah Air ini memutuskan untuk pensiun usai berhasil mempersembahkan medali emas Asian Games 2018 nomor Taijijian & Taijiquan All Around. Lindswell merupakan salah satu atlet terbaik Indonesia yang banyak menorehkan prestasi gemilang untuk bangsa. Lindswell tercatat menjuarai 5 kali juara dunia Wushu dan 4 kali menang di SEA Games.

2. Liliyana Natsir

atlet pensiun © 2018 berbagai sumber

foto: Instagram/@natsirliliyana

Pebulutangkis senior Liliyana Natsir juga telah mengisyaratkan untuk pensiun dari olahraga yang telah membesarkan namanya tersebut. Di akhir kariernya, Liliyana berhasil mempersembahkan medali perunggu untuk Indonesia di ajang Asian Games 2018. Wanita yang akrab disapa Butet ini menjadi atlet bulutangkis Indonesia terbaik. Dirinya tercatat menjuarai Olimpiade dan 4 kali juara dunia.

3. Achmad Hulaefi

atlet pensiun © 2018 berbagai sumber

foto: Instagram/@hulaefi

Raja wushu Indonesia yang juga kekasih Lindswell Kwok ini telah berbicara soal pensiun usai mempersembahkan medali perunggu di Asian Games 2018. Meskipun begitu, Hulaefi bercita-cita untuk menjadi pelatih wushu dan mencetak atlet-atlet baru penerus dirinya.

4. Lis Andriana

atlet pensiun © 2018 berbagai sumber

foto: Twitter/@giewahyudi

Atlet paralayang senior Lis Andriana juga berniat untuk pensiun usai Asian Games 2018. Mantan juara dunia ini berhasil menyumbang medali perunggu di nomor lintas alam beregu. Usia yang tak lagi muda membuat Lis berpikir untuk menyudahi kariernya di cabang olahraga ekstrem tersebut. Lis sendiri merupakan atlet paralayang terbaik Indonesia yang pernah mencatatkan prestasi hattrick juara dunia di nomor akurasi pendaratan tahun 2012, 2013, dan 2014.