Brilio.net - Cabang esports sempat mencuri perhatian setelah ujicobanya diselenggarakan pertama kali pada gelaran Asian Games 2018. Kini, cabang olahraga baru nan kekinian ini kembali diterapkan di SEA Games 2019 di Filipina.

Berbeda di Asian Games 2018 di mana esports masuk ke dalam cabor uji coba saja, perolehan medali yang didapat oleh kontingen atlet esports kali ini akan masuk hitungan skor akhir medali masing-masing negara.

Dilansir brilio.net dari liputan6.com, Selasa (26/11), jelang gelaran SEA Games 2019 yang berlangsung mulai dari 30 November 2019 hingga 11 Desember 2019, IeSPA mengumumkan deretan atlet esports yang akan mewakili Indonesia bertanding di cabor esports.

Dari proses penyisihan, seleksi, dan bootcamp pelatnas yang digelar, akhirnya terpilih 21 atlet esports dan tim terbaik wakil Indonesia. 21 atlet tersebut akan bertanding di enam cabor esports yang terpilih, seperti Dota 2, Mobile Legends, StarCraft II, Arena of Valor, Tekken 7, dan Heartstone.

Berikut ini deretan cabang olahraga dan tim yang akan mewakili Indonesia di SEA Games 2019.

Loading...

1. Mobile Legends

atlet esports indonesia sea games 2019 © berbagai sumber

foto: play.google.com

Untuk game Mobile Legends (ML), timnas Tanah Air akan diwakili oleh pemain-pemain terbaik, baik di tingkat dunia ataupun Asia Tenggara. Line-up timnas ML beranggotakan Gustian (Rekt), Muhammad Ridwan (Wann), Eko Julianto (Oura), Yurino Putra (Donkey), Teguh Iman Firdaus (Pyschoo), dan Andriand Larsen (Drian).

Adapun empat pemain yang mengisi slot pemain timnas Mobile Legends ini merupakan player EVOS Legends, tim esports yang berhasil menjuarai turnamen Mobile Legends World Championship 2019 (M1).

2. Dota 2

atlet esports indonesia sea games 2019 © berbagai sumber

foto: EsportOnly.com

Di jajaran player timnas Dota 2 terdiri dari Tri Kuncoro (Jhocacm), Felix Rodeardo (Ifr1t), Muhammad Luthfi (Azur4), Fahmi Choirul (Huppey), dan Kevin Manuel Johan (Visery).

Berdasarkan komposisi pemain, timnas Dota 2 memang didominasi oleh pemain dari tim PG.BarracX, seperti Ifr1t, Azur4, Huppey, dan Visery. Walau keempat pemain sudah terbiasa bermain bersama di dalam satu tim, kehadiran Jhocacm yang terkenal dengan gaya mainnya yang unik menjadikan pertandingan timnas ini layak dinanti.

3. Arena of Valor

atlet esports indonesia sea games 2019 © berbagai sumber

foto: liputan6.com

Dari kategori Arena of Valor, tim EVOS Esports sudah membuktikan diri sebagai tim AoV terbaik di Tanah Air. Beranggotakan Gilang Dwi Fallah (LLAF), Hartanto (Pokka), Hartawan Muliadi (Wyvorz), Satria Adi Wiratama (Wiraww), dan Farhan Akbari (Hanss), timnas Indonesia siap unjuk kemampuan terbaiknya di SEA Games 2019.

4. Tekken 7

atlet esports indonesia sea games 2019 © berbagai sumber

foto: gamevicio.com

Lebih lanjut, tiga kategori lain yang bakal dipertandingkan adalah Tekken 7, StarCraft II, dan Hearthstone. Di Tekken 7 ada nama M. Adriyansyah Jusuf (Meat) yang siap mengharumkan nama Indonesia di SEA Games 2019.

5. StarCraft II

atlet esports indonesia sea games 2019 © berbagai sumber

foto: liputan6.com

Sementara itu di StarCraft II, Emmanuel Enrique (Quantel) dan Dani Bondan Lukman (Deruziel) akan menjadi wakil Indonesia.

6. Hearthstone

atlet esports indonesia sea games 2019 © berbagai sumber

foto: forbes.com

Lalu di kategori Hearthstone, masih belum ada pemain yang mampu memperlihatkan kemampuan setara atau mengungguli Hendry Koentarto (Jothree) dan Rama Ariangga (Douahou). Bagaimana tidak, Jothree telah menorehkan kisah luar biasa sebagai atlet esports Indonesia yang meraih medali emas untuk Hearthstone di Asian Games 2018.

RECOMMENDED BY EDITOR