Brilio.net - Umumnya, seorang pesepak bola memulai kariernya dari sebuah akademi klub. Di akademi tersebut, mereka pun akan menjalani latihan teknik dan fisik yang ketat guna mengasah keterampilannya dalam menggocek bola.

Namun harus diakui bahwa tak semua pesepak bola seberuntung itu. Di luar sana, tak sedikit yang memulai kariernya sebagai bintang lapangan hijau dengan terseok-seok. Alvaro Morata dan Pep Guardiola, misalnya. Keduanya harus meniti karier dengan menjadi anak gawang atau tukang ambil bola saat pertandingan.

Akan tetapi, nasib keduanya masih lebih baik. Pasalnya, sejumlah pemain sepak bola top yang ada saat ini ternyata malah memulai kariernya dengan bermain bola di pinggir jalan.

Nah, lalu siapa saja ya mereka ini? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, berikut 11 di antaranya, Kamis (31/10).

1. Victor Moses.

Loading...

pesepak bola jalanan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@victormoses

Victor memulai karier sepak bolanya dari jalanan. Kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar terlacak oleh pemandu bakat saat bermain di kompetisi lokal bertajuk Tandrdge League. Ia lalu diboyong Cristal Palace.

2. Juan Cuadrado.

pesepak bola jalanan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@cuadrado

Pemain sayap Juventus ini sempat bermain sepak bola di jalanan tanpa menggunakan sepatu. Namun tak disangka, kepiawaiannya dalam menggocek bola membuat Independiente Madellin tertarik untuk memboyongnya.

3. Ronaldo Nazario da Lima.

pesepak bola jalanan © 2019 brilio.net

foto: wallpapercave.com

Ronaldo memulai karier sepak bola di jalanan yang kotor di dekat kota Rio de Jeneiro. Sama seperti Juan, ia juga bermain bola tanpa alas kaki.

Pada 1993 seorang pemandu bakat membujuknya untuk bergabung ke tim Cruzeiro. Ia lalu menjadi pesepak bola tersohor dunia yang pernah membela sejumlah klub ternama di Eropa.

4. Zlatan Ibrahimovic.

pesepak bola jalanan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@iamzlatanibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic memulai karier sepak bolanya dari jalanan di Swedia. Bermula dari situ, ia lalu tampil bersama tim lokal. Kini, Zlatan menjadi salah satu bintang lapangan hijau yang memperkuat LA Galaxy.

5. Alexis Sanchez.

pesepak bola jalanan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@alexis_officia1

Sebelum menjadi pesepak bola, Alexis Sanchez memiliki masa kecil yang pahit. Ia sempat menjadi tukang sapu hingga tukang cuci mobil.

Saat bermain bola di jalanan pun, bola yang ia gunakan hanyalah terbuat dari gulungan kain. Beruntungnya, kepiawaiannya dalam bermain bola membuat ia dilirik oleh tim lokal. Kini, ia pun memperkuat tim besar Italia yakni, Inter Milan.

6. Neymar Jr.

pesepak bola jalanan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@neymarjr

Sebelum menjadi bintang sepak bola seperti sekarang, Neymar mengasah skill di jalanan atau tanah lapang berdebu di kota kelahirannya, Mogi das Cruzes, Brasil.

Dari situ, ia lalu bermain untuk tim lokal amatir. Namun ternyata, bakatnya menarik perhatian berbagai pelatih di Brasil. Kini, Neymar bermain bersama Paris Saint-Germain. Ia bahkan tercatat sebagai pesepak bola paling mahal di dunia.

7. Dani Alves.

pesepak bola jalanan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@danialves

Sewaktu kecil, Dani Alves kerap mencuri waktu untuk bermain bola setelah bercocok tanam pada pagi hari. Ia bermain bersama tetangganya di jalanan. Berangkat dari situ, ia lalu menumbuhkan bakatnya di tim lokal dan berhasil meraih kesuksesan saat berposisi bek kanan. Kini, pemain yang pernah memperkuat Barcelona dan Juventus ini telah mengoleksi 40 trofi sepanjang kariernya.

8. Lionel Messi.

pesepak bola jalanan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@leomessi

Messi tumbuh besar di Argentina bersama kedua kakak laki-lakinya. Mereka kerap kali bermain bermain bola jalanan. Lalu, ketika Messi berusia 8 tahun, ia direkrut untuk bermain di Akademi Old Boys Newell yang terkenal. Mulai dari situlah kariernya di sepak bola pun berkembang.

9. Luis Suarez.

pesepak bola jalanan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@luissuarez9

Sebelum masuk dalam sebuah klub, Suarez mengasah kemampuannya bermain bola di jalanan. Anak keempat dari tujuh bersaudara ini bermain di jalanan Uruguay.

10. Wayne Rooney.

pesepak bola jalanan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@waynerooney

Siapa sangka bahwa pemain bintang yang satu ini rupanya juga mengawali kariernya di jalanan.

"Saya selalu bermain di jalanan dengan teman-teman dan masih melakukannya hingga sekarang ketika saya punya waktu. Dari situlah saya belajar bermain sepakbola," ungkap kelahiran Inggris itu kepada Telegraph.

11. Christian Benteke.

pesepak bola jalanan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@christianbenteke

"Saya mulai (bermain) di jalan, bermain dengan teman saya di malam hari. Lebih menyenangkan seperti itu," kata Benteke kepada Independent.

RECOMMENDED BY EDITOR