Brilio.net - Kebosanan menjadi satu dari banyak alasan perceraian atau perpisahan. Biasanya kebosanan disebabkan karena aktivitas atau rutinitas dengan pasangan yang monoton, seperti misalnya makan, nonton, belanja, dan itu terjadi berulang. Padahal banyak sekali hal menarik yang bisa kamu dan pasangan coba untuk meningkatkan keromantisan hubungan kalian.

Salah satu bentuk olahraga yang bisa semakin menyatukan kalian adalah yoga. Tujuan dasar dari olah tubuh asal India adalah menyatukan pikiran, tubuh, dan jiwamu. Maka nggak heran kalau yoga pasangan dapat memperkuat ikatan antara kalian berdua juga.

Manfaat dari yoga pasangan antara lain peningkatan kadar komunikasi, ekspresi postur yang lebih mendalam dan kepercayaan yang semakin terjalin kuat di antara kalian. Namun, sebelum memulai yoga bareng pasangan, persiapkan matras yoga dan beberapa aksesori atau yoga props seperti yoga brick, yoga strap, dan yoga towel. Kamu bisa mendapatkan matras dan aksesori yoga untuk pemula di website Happyfit, harganya sangat terjangkau untuk kualitas yoga mat sekelasnya.

Berikut 10 gerakan yoga yang bisa dilakukan bersama pasangan yang brilio.net himpun Selasa (21/1). Bikin hubungan makin intim!

1. Meditation pose.

Loading...

Yoga berpasangan © 2020 brilio.net

foto: dok. Happyfit Indonesia

Mulailah dengan posisi duduk dengan kaki bersilang dan punggung saling bersandar. Istirahatkan tangan di paha atau lutut, rasakan diri kamu terhubung dengan pasangan. Perhatikan tarikan dan hembusan napas kamu, variasikan dengan bernapas bergantian, saat kamu menarik napas, ia mengembuskan napas, dan sebaliknya. Berlatihlah selama tiga hingga lima menit.

2. Seated cat cow.

Yoga berpasangan © 2020 brilio.net

foto: dok. Happyfit Indonesia

Raih dan pegang erat lengan satu sama lain. Tarik napas dan angkat dada ke arah langit untuk meregangkan tulang belakang, gerakan ini akan memungkinkan kamu melengkung ke belakang.

Saat mengeluarkan napas, tarik dagu ke arah leher menghadap perut, otot punggung kembali rileks. Kembali bernapas dan mengangkat dada hingga meregangkan otot punggung, lalu buang napas dan rileks kembali. Ulangi tarikan dan embusan napas dengan pose ini selama lima menit.

3. Seated spinal twist.

Yoga berpasangan © 2020 brilio.net

foto: dok. Happyfit Indonesia

Dalam posisi duduk dengan kaki menyilang dan menghadap pasangan. Miringkan badan berlawanan arah lalu raihlah tangan kiri pasangan dengan tangan kanan, begitu pun sebaliknya. Gunakan tangan pasangan untuk memperdalam putaran badan. Tetap atur pernapasan dan ulangi perlahan pada sisi yang lain.

4. Dunking for apples.

Yoga berpasangan © 2020 brilio.net

foto: dok. Happyfit Indonesia

Mulailah pose duduk di lantai dan menghadap ke pasangan. Kaki harus benar-benar diperpanjang dan diposisikan dalam bentuk huruf V. Telapak kaki kamu dan pasangan harus saling menyentuh. Kunci lengan kalian bersama-sama dan pegang satu sama lain. Pertahankan postur tubuhmu saat pasangan memanjangkan punggungnya ke arah depan. Saat pasangan condong ke belakang pastikan untuk membungkuk ke arah depan.

5. Backbend.

Yoga berpasangan © 2020 brilio.net

foto: dok. Happyfit Indonesia

Berdiri saling membelakangi, rentangkan tangan dan kaitkan tangan seperti pada gambar, tangan orang yang diangkat di atas tangan orang yang mengangkat. Orang yang diangkat menempatkan pinggul tepat di bokong pasangan, dan rebahkan punggung hingga kepala. Orang yang mengangkat membungkukan badan ke depan hingga pasangan terangkat. Lakukan bergantian

6. Double tree pose.

Yoga berpasangan © 2020 brilio.net

foto: dok. Happyfit Indonesia

Mulailah pose ini dengan berdiri bersampingan tanpa jarak. Angkat lengan kalian dan pastikan mereka saling terpaku satu sama lain. Berdiri di satu kaki dan tekuk kaki yang lain bawa ke paha kamu (setinggi yang kamu bisa). Angkat tangan lainnya untuk membantu menyeimbangkan tubuh kalian

7. Boat pose.

Yoga berpasangan © 2020 brilio.net

foto: dok. Happyfit Indonesia

Temukan posisi duduk yang nyaman saling berhadapan dengan lutut ditekuk dan jari kaki bersentuhan. Jangkau pergelangan tangan pasangan dan pegang dengan pas. Angkat dada ke arah satu sama lain dan luruskan tulang punggung kamu sebanyak mungkin. Perlahan mulai meluruskan kaki dan tahan selama lima hingga tujuh napas lalu lepaskan kaki dengan lembut ke lantai.

8. Partner chair pose.

Yoga berpasangan © 2020 brilio.net

foto: dok. Happyfit Indonesia

Berdiri mundur ke belakang dan rilekskan lengan di samping tubuh. Tekan dengan kuat satu sama lain untuk menjaga keseimbangan. Perlahan turun ke bawah seolah sedang duduk di kursi. Setelah mencapai sudut 90 derajat di lutut, tahan selama tiga hingga lima tarikan napas. Dorong satu sama lain untuk bangkit kembali.

9. Seated back bend & child pose.

Yoga berpasangan © 2020 brilio.net

foto: dok. Happyfit Indonesia

Posisikan diri kamu dan pasangan duduk bertolak belakang. Salah satu meluruskan kaki dan membungkuk hingga mencium lutut (semampunya), tangan di rentangkan ke depan atau berpose child pose. Yang lainnya menempatkan kedua telapak kaki di lantai dan perlahan menekan ke belakang, berpotensi menjadi back bend yang lembut. Lakukan bergantian.

10. Double warrior pose.

Yoga berpasangan © 2020 brilio.net

foto: dok. Happyfit Indonesia

Mulailah berdiri di atas tikar kamu dalam pose Mountain atau Tadasana. gerakan kaki kanan ke belakang sekitar 3 setengah hingga 5 kaki (tergantung pada panjang kaki dan tingkat keterbukaan di pinggul kamu). Putar jari-jari kaki kanan sekitar 45 derajat, dan letakkan telapak kaki rata di atas matras. Sejajarkan tumit kiri dengan tumit kanan. Tekuk lutut kiri kamu, memastikan lutut ditumpuk langsung di atas pergelangan kaki dan tidak melebar ke kiri atau kanan. Lakukan ke arah yang berlawanan.

Latihan Yoga bareng pasangan ini akan terasa sangat menyenangkan dan tidak hanya memperkuat tubuh dan pikiran kamu dan pasangan, namun juga dapat menciptakan rasa percaya yang lebih dalam. Untuk memiliki matras yoga dengan banyak pilihan bahan dan warna-warna yang menarik, silakan klik di sini! Selamat mencoba!

RECOMMENDED BY EDITOR