Brilio.net - Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat telah resmi dibuka pada Sabtu malam (17/9) lalu. Meski begitu, beberapa cabang olahraga telah mulai memperebutkan medali beberapa hari sebelumnya.

Tercatat ada 44 cabang olahraga dengan 756 nomor pertandingan yang memperebutkan 756 medali emas, 756 medali perak, dan 979 medali perunggu. Pertandingan 44 cabang olahraga itu akan dilaksanakan hingga 28 September 2016.

Di antara 44 cabang olahraga itu, ternyata ada cabang olahraga yang cukup asing di telinga masyarakat. Ada juga cabang olahraga yang nggak disangka ternyata dipertandingkan di PON. Sebab, olahraga tersebut sulit ditemukan di Asian Games atau Olimpiade. Nah, berikut cabang olahraga yang tak disangka dipertandingkan di PON seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (19/9):

1. Drum Band.

olahraga langka PON © 2016 brilio.net

foto: polresbogor.info

Kamu pasti nggak menyangka ternyata ada cabang olahraga drum band di PON. Biasanya drum band muncul sebagai pembuka dalam event-event penting. Tapi ternyata drum band juga menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan, lho.

Di antara nomor pertandingan drum band yang dimainkan adalah Lomba Ketahanan dan Ketepatan Baris Berbaris (LKKB) 4.000 m dan 2.000 m putra, putri, dan campuran. Kemudian Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 2x400 m dan 1x600 m untuk putra, putri, dan campuran.

2. Dance Sport.

olahraga langka PON © 2016 brilio.net

foto: Youtube.com

Siapa yang sangka ternyata dansa juga jadi cabang olahraga di PON XIX 2016 Jawa Barat. Tarian berpasangan dengan iringan lagu itu pertama kali dipertandingkan pada PON XVII Tahun 2008 di Samarinda, Kalimantan Timur.

Diketahui, induk dansa nasional sendiri juga menggunakan kata olahraga, yakni Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI). Sebanyak 15 nomor yang terbagi menjadi tiga kategori akan dipertandingkan pada PON XIX 2016 Jawa Barat.

3. Kriket.

olahraga langka PON © 2016 brilio.net

foto: cricketindonesia.or.id

Cabang olahraga kriket masih belum banyak dikenal di Indonesia. Meksi begitu, ternyata kriket juga dipertandingkan pada PON XIX 2016 Jawa Barat. Kriket menjadi cabang olahraga resmi pada PON XIX, ditambah lagi hoki, dansa, berkuda dan drum band yang tidak dipertandingkan pada PON 2012.

Menurut kabar yang beredar, penambahan cabang olahraga Kriket, Dansa, dan Drumband dulu dikritisi oleh KONI Jawa Timur sebagai bukti penyelenggaraan PON tidak lagi memiliki orientasi yang jelas dalam pembinaan olahraga di Tanah Air. Ketiga cabang tersebut dianggap bukan merupakan cabang olahraga prestasi dikarenakan tidak adanya ajang pertandingan tingkat internasional.

4. Bridge.

olahraga langka PON © 2016 brilio.net

foto: bbc.co.uk

Bridge adalah permainan kartu untuk empat pemain yang dapat dimainkan pada semua kesempatan, dari kumpul-kumpul biasa sampai turnamen profesional. Popularitas bridge pernah meningkat dan menurun selama puluhan tahun sejak pertama kali permainan ini diciptakan. Tetapi bridge tetap menjadi salah satu permainan kartu empat pemain yang paling populer di dunia.

Ternyata permainan ini juga masuk cabang olahraga PON, lho. Sebanyak lima nomor akan dipertandingkan, yaitu patkawan (beregu), dan pasangan putra dan putri, serta nomor pasangan campuran.

5. Panjat Tebing.

olahraga langka PON © 2016 brilio.net

foto: konijawatimur.com

Panjang tebing ternyata juga masuk menjadi salah satu olahraga PON XIX 2016 Jabar. Panjat tebing pada PON XIX 2016 akan berlangsung dari 18 sampai 27 September 2016 di Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Panjat tebing pada PON kali ini akan terbagi menjadi 3 disiplin, yaitu Kecepatan (speed), Boulder (jalur-pendek), dan Rintisan (lead). Cabang panjat tebing ini juga tak ditemmui di ajang Olimpiade.

6. Catur.

olahraga langka PON © 2016 brilio.net

foto: antaranews.com

Jamak diketahui jika catur merupakan olahraga yang dipertandingkan hingga level internasional. Tapi meski begitu banyak yang masih mempertanyakan kenapa catur bisa dimasukkan sebagai olahraga. Kebanyakan mempertanyakan karena kurangnya aktivitas fisik seperti pada olahraga lainnya.

Dalam olahraga catur sesungguhnya yang diolah adalah pikiran dan mentalnya. Otaklah anggota tubuh yang berperan. Energi yang dibutuhkan dalam bermain catur sangat tinggi bila pemain serius dalam permainan.

7. Aeromodelling.

olahraga langka PON © 2016 brilio.net

foto: antaranews.com

Aeromodelling ternyata juga termasuk sebagai olahraga yang dipertandingkan di PON XIX 2016 Jabar. Aeromodelling sendiri merupakan sarana miniatur (model) pesawat terbang untuk tujuan rekreasi, edukasi dan olahraga.

8. Renang Perairan Terbuka.

olahraga langka PON © 2016 brilio.net

foto: antarasumbar.com

Tak hanya renang di kolam renang yang dipertandingkan di PON. Dalam situs resmi PON XIX 2016 Jabar juga menyebutkan ada cabang olahraga Renang Perairan Terbuka yang dipertandingkan. Terdapat nomor lomba 3.000 m, 5.000 m, dan 10.000 m putra dan putri yang memperebutkan 6 medali emas.

9. Gantole.

olahraga langka PON © 2016 brilio.net

foto: youtube.com

Gantole atau layang gantung ternyata juga menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di PON XIX 2016 Jabar. Layang Gantung atau Gantolle adalah salah satu olah raga angin untuk rekreasi atau kompetitif yang berhubungan dekat dengan gliding. Tetapi olahraga ini menggunakan pesawat yang lebih sederhana yang terkadang hanya terdiri dari sayap kain berangka-metal. Pilot berada di sebuah harness yang menggantung dari kerangka sayap dan melakukan kontrol dengan menggerakan badan terhadap rangka berbentuk segitiga juga menempel di kerangka utama.

10. Balap motor.

olahraga langka PON © 2016 brilio.net

foto: indonesiariders.com

Meskipun sudah jamak diketahui tentang adanya olahraga ini, namun nyatanya olahraga tersebut tak dipertandingkan di Olimpiade. Balap motor dipertandingkan di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat dari tanggal 23 sampai 25 September 2016. Sebanyak empat nomor akan dipertandingkan, yaitu Kelas Under Bone A, dan Kelas Under Bone B, untuk nomor beregu dan perorangan.

Nah, itu olahraga yang pasti tak disangka dipertandingkan di Olimpiade. Beberapa olahraga baru juga dimunculkan pada PON tahun ini meskipun pada PON sebelumnya tak ada. Tak aheran jika jumlah cabang olahraga PON XIX 2016 Jabar sebanyak 44 cabang olahraga lebih banyak ketimbang Olimpiade Rio 2016 yang hanya mempertandingkan 41 cabang olahraga.