Brilio.net - Tottenham Hotspur lolos ke final Liga Champions usai melakukan comeback dan menyingkirkan Ajax Amsterdam di semifinal. Lolosnya Tottenham ke final dicapai dengan dramatis.

Kalah 0-1 di leg pertama, Tottenham makin sulit mengejar ketika tertinggal 0-2 di babak pertama. Walhasil Spurs kalah agregat 3-0 di babak pertama. Namun semangat pantang menyerah diperlihatkan tim asal London tersebut. Hattrick Lucas Moura, satu diantaranya dicetak di penghujung laga berhasil membuat skor menjadi 3-2.

Keberhasilan Tottenham ke final Liga Champions tersebut sangat dramatis karena mereka sempat tertinggal dua gol terlebih dahulu lewat gol Matthijs de Light dan Hakim Ziyech. Namun akhirnya The Spurs bangkit pada babak kedua berkat hattrick Lucas Moura.

Keberhasilan Tottenham Hotspur untuk maju ke Liga Champions sudah pasti menjadi hal yang menarik untuk diperbincangkan. Berikut fakta unik dibalik laga dramatis Tottenham vs Ajax:

1. Tottenham mencapai final Liga Champions pertama mereka.

Loading...

2. Mereka juga menjadi tim kedua dalam sejarah Liga Champions yang mencapai final setelah kekalahan leg pertama semifinal di kandang. Sebelumnya Ajax pernah melakukannya saat melawan Panathinaikos tahun 1995/1996.

3. Pertandingan final di bulan Juni akan menjadi penentu final kompetisi Eropa ketiga yang mempertemukan dua tim Inggris. Pada final Piala UEFA 1972 antara Spurs bertemu Wolves, sedangkan di final Liga Champions 2008 Manchester United bertemu Chelsea.

4. Matthijs de Ligt yang berusia 19 tahun menjadi remaja keempat yang mencetak gol di semifinal Liga Champions, setelah Nordin Wooter (Ajax, 1996), Obafemi Martins (Inter, 2003) dan Kylian Mbappé (Monako, 2017).

5. Lucas menjadi pemain kelima yang mencetak hattrick pada semi final Liga Champions dan menjadi yang pertama sejak Ronaldo untuk Real Madrid melawan Atlético pada Mei 2017 lalu.

6. Di babak final, Tottenham akan menghadapi Liverpool yang sehari sebelumnya menyingkirkan Barcelona. Laga pamuncak akan digelar di Wanda Metropoliatane, Madrid, pada 1 Juni 2019.

7. Spurs akan menjadi tim Inggris ke delapan yang tampil di final Liga Eropa dan Liga Champions.

8. Bintang Ajax, Dusan Tadic telah terlibat dalam 55 gol dalam 54 pertandingan Ajax di semua kompetisi pada musim ini.

9. Ajax tidak pernah memenangi satu pun dari delapan pertandingan Liga Champions di kandang mereka sejak 1996.

10. Klub-klub Inggris memenangi laga saat tertinggal lebih dari dua gol pada tujuh kesempatan dalam sejarah Liga Champions.

RECOMMENDED BY EDITOR