Brilio.net - Publik sepak bola Indonesia patut berbangga. Pasalnya, Indonesia terpilih untuk menjadi tuan rumah penyelenggarakan Piala Dunia U-20 2021. Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah perhelatan turnamen sepak bola dua tahunan tersebut disampaikan langsung Presiden FIFA, Gianni Infantino pada Kamis (24/10). Indonesia berhasil menyingkirkan Peru dan Brasil sebagai kandidat tuan rumah.

Demi menyambut gelaran tersebut, 10 stadion akan dipersiapkan Indonesia. Tak kalah dari Piala Dunia empat tahunan, Piala Dunia U-20 juga menjadi ajang kompetisi sepak bola bergengsi.

Sejak diadakan pertama kali pada 1977, Piala Dunia U-20 selalu diikuti puluhan negara dengan sepak bola terbaiknya. Deretan fakta menarik tentang Piala Dunia U-20 tercipta di setiap gelarannya. Nggak hanya itu, Piala Dunia U-20 juga menorehkan sejarah tak terlupakan bagi para pecinta sepak bola.

Apa saja fakta mengenai Piala Dunia U-20? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (24/10).

1. Pertama kali diadakan di Tunisia pada 1977.

Loading...

Piala Dunia U-20 pertama kali diadakan pada 1977. Tunisia menjadi negara pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tersebut. Saat itu, sebanyak 16 tim dari berbagai negara mengikuti turnamen tersebut.

2. Tunisia negara pertama yang menjuarai piala dunia.

fakta Piala Dunia U20 berbagai sumber

foto: fifa.com

Terpilih menjadi tuan rumah, Tunisia menunjukkan taringnya di hadapan publik sendiri. Mengalahkan Meksiko di partai final dengan skor 9-8 lewat adu penalti, Tunisia berhasil menorehkan sejarah sebagai negara pertama peraih Piala Dunia U-20.

3. Trofi pemain terbaik pertama diberikan kepada Vladimir Bessonov.

fakta Piala Dunia U20 berbagai sumber

foto: fifa.com

Keberhasilan Tunisia memenangkan Piala Dunia tentu nggak lepas dari peran Vladimir Bessonov. Ia mencetak dua gol ke gawang Meksiko saat partai final. Penampilan apiknya tersebut membuat Bessonov diganjar penghargaan sebagai pemain terbaik. Penghargaan tersebut juga mencatatkan namanya sebagai pemain pertama yang merima penghargaan pemain terbaik di Piala Dunia U-20.

4. Melahirkan pemain-pemain top dunia.

fakta Piala Dunia U20 berbagai sumber

foto: thenational.ae

Piala Dunia U-20 juga menjadi ajang bagi para pesepak bola top dunia unjuk gigi. Nama-nama seperti Diego Maradona, Ramon Diaz, Thierry Henry, dan Ronaldinho mulai dikenal publik sepak bola dunia setelah tampil memukau membela timnas masing-masing.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by @thierryhenry on

Piala Dunia U-20 Jepang pada 1979 menjadi titik terang bagi karier sepak bola Diego Maradona yang sukses meraih gelar pemain terbaik. Pada Piala Dunia yang sama, Ramon Diaz keluar sebagai pemain dengan gol terbanyak. Sedangkan Thiery Henry yang membela Prancis menunjukkan taringnya pada Piala Dunia U-20 1997 di Malaysia.

5. Piala Dunia di Indonesia gelaran ke-23.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

It's official! Indonesia will be the host for #U20WC in 2021. Congratulations!

A post shared by AFC (@theafchub) on

Digelar pertama kali pada 1977 di Tunisia, Piala Dunia U-20 2021 mendatang di Indonesia akan menjadi gelaran ke-23. Piala Dunia U-20 juga akan menjadi event pertama FIFA yang digelar di Indonesia.

6. Malaysia negara ASEAN pertama yang jadi tuan rumah.

Tahun 1997 sangat bersejarah dalam dunia sepak bola Malaysia. Negeri Jiran berhasil terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang diikuti sebanyak 24 negara. Dalam gelaran tersebut, Argentina berhasil keluar sebagai juara dengan mengalahkan Uruguay di partai puncak. Meskipun gagal membawa timnya ke semi final, namun karier Thierry Henry justru bersinar di gelaran ini.

7. Argentina negara dengan trofi Piala Dunia U-20 terbanyak.

Menjadi salah satu negara terkuat dengan sepak bola, Argentina termasuk negara yang bersinar dalam ajang Piala Dunia U-20. Argentina sendiri tercatat sudah mengoleksi enam trofi Piala Dunia. Pencapaian tersebut sekaligus membuat Argentina menjadi negara dengan trofi Piala Dunia U-20 terbanyak. Argentina pertama kali menjadi juara pada Piala Dunia U-20 1979 dan terakhir pada 2007.

8. Sempat mengalami perubahan nama.

Sudah digelar hingga puluhan kali, turnamen sepak bola yang diikuti talenta pesepak bola muda ini sempat mengalami perubahan nama. Sebelum dikenal dengan World Cup U-20, pesta sepak bola dunia ini bernama FIFA World Youth Championship dari 1977 hingga 2005.

9. Penghargaan kiper terbaik baru ada di 2009.

Meskipun sudah digelar pertama kali pada 1977, penghargaan kiper terbaik atau Golden Glove baru diberikan pada Piala Dunia U-20 2009 di Mesir. Kiper Mesir, Estaben Alvarado menjadi kiper pertama yang meraih penghargaan tersebut.

10. Hanya ada tiga pemain yang pernah menjuarai Piala Dunia U-20 lebih dari sekali.

Sepanjang digelarnya Piala Dunia U-20, hanya ada tiga pemain yang pernah menjuarai Piala Dunia U-20 lebih dari sekali. Mereka adalah Fernando Brassard bersama Portugal di 1989 dan 1991, Joao Vieira Pinto bersama Portugal di 1989 dan 1991, serta Sergio Aguero di 2005 dan 2007.

RECOMMENDED BY EDITOR