Brilio.net - Baru-baru ini media sosial diramaikan oleh aksi warganet yang mencoba #BroomChallenge, di mana mereka harus bisa membuat sapu berdiri tegak. Challenge ini berawal dari cuitan bahwa NASA mengatakan pada hari Senin (10/2) adalah satu-satunya hari yang bisa membuat sapu berdiri tegak akibat adanya tarikan gravitasi bumi. Cuitan itu muncul dari pengguna Twitter @mikaiylaaaaa.

"Okay so NASA said today was the only day a broom can stand up on its own because of the gravitational pull...I didn’t believe it at first but OMG! (Baiklah, NASA mengatakan bahwa hari ini adalah satu-satunya hari yang bisa membuat sapu berdiri karena adanya tarikan gravitasi. Awalnya saya tidak percaya, tapi OMG)," tulisnya.

Meski pihak NASA tidak menjelaskan mengenai hal itu, namun orang-orang merasa tertantang untuk membuktikan hal itu. Mereka penasaran, apakah benar mengenai sapu hanya bisa berdiri di hari itu saja? Sejak saat itu, media sosial diramaikan dengan #BroomChallenge.

Loading...

Dilansir brilio.net dari sciencealert.com, Kamis (13/2) tweet mengenai teori yang diberikan NASA tersebut menjadi ramai diperbincangkan. Bahkan tak sedikit yang mengklaim bahwa NASA memberikan dasar ilmiah untuk tindakan penyeimbangan sapu tersebut adalah tipuan. Meliahat ramainya mengenai sapu bisa berdiri tegak itu, NASA mencoba memberikan keterangan dan ingin meluruskan kepada siapapun.

"Ini merupakan tipu daya media lain yang memberikan contoh seberapa cepat berita palsu menjadi viral," kata NASA dalam pernyataan resminya.

"Walaupun tipuan ini tidak berbahaya, hal ini tetap menjadi suatu yang penting bagi kita untuk melakukan kroscek terlebih dahulu terhadap suatu informasi. Termasuk memeriksa ke @NASA dan NASA.gov untuk fakta-fakta mengenai sains yang sesungguhnya, sebelum akhirnya memviralkan berita yang tidak benar," sambung NASA.

NASA juga membuktikan bahwa berita yang beredar itu tidak benar. Astronot Drew Alvin dan ilmuwan Sarah Noble mendirikan sapu di hari selanjutnya, yakni Selasa (11/2). Hal ini menunjukkan bahwa sapu itu bisa berdiri kapan saja, bukan di waktu-waktu tertentu.

"Fisika dasar bekerja setiap hari sepanjang tahun - bukan hanya 10 Februari," tulis tweet itu.

Meski NASA telah membuktikan bahwa setiap sapu ijuk bisa berdiri tegak, tidak hanya pada 10 Februari 2020 saja. NASA juga menjelaskan tidak ada hubungannya sapu bisa berdiri tegak dengan gravitasi bumi. Namun meski begitu, Broom Challenge telah meluas dan sudah dicoba berbagai kalangan.

Nah berikut ini aksi warganet yang penasaran terhadap sapu bisa berdiri tegak yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (13/2).

1. Tak hanya mendirikan sapu, pemilik aku Twitter ini juga mendirikan beberapa benda lainnya. Cukup kreatif ya?

2. Mereka melakukannya di mana saja, aksinya ya begini bisa berdiri tegak.

3. Tak mau kalah dari yang lainnya, lihat aksi kocak warganet satu ini, mereka mendirikan sapu di tempat yang cukup tinggi.

4. Gimana nih menurut kamu? Apa kamu sudah berhasil melakukannya?

5. Meski sudah banyak yang mencobanya dan berhasil, namun kamu perlu tahu bahwa NASA tak memberikan teori mengenai berdirinya sapu karena adanya gravitasi bumi ya?

Viral Broom Challenge twitter

foto: Instagram/@dixon_dvg

6. Wah sapunya berasa konser kalau kaya gini ya. Ada-ada aja nih!

7. Meski banyak yang berhasil, namun ada juga lho yang gagal membuat sapu berdiri tegak.

8. Suatu kebanggaan dong bisa mendirikan sapu tegak seperti ini.

Viral Broom Challenge twitter

foto: Twitter/@dimasharyow

9. Kira-kira ini nggak bisa berdiri kenapa ya? Apa tergantung jenis sapunya?

10. Intinya setiap hari sapu itu bisa berdiri, bukan di hari-hari tertentu saja ya.

RECOMMENDED BY EDITOR