Brilio.net - Keberadaan pagar tidak semata hanya sebagai pembatas antara area bangunan dan lingkungan di sekitarnya. Tapi juga seringkali berfungsi untuk menghalangi agar tidak ada lalu lintas yang lewat.

Pagar umumnya terbuat dari besi dan dirancang sedemikian rupa supaya kuat. Desain pagar pun biasanya dibangun sangat tinggi agar tidak ada orang asing yang bisa masuk sembarangan. Sementara pada bagian bawahnya dipasang menyentuh tanah agar tak ada celah sedikit pun.

Desain yang tepat dalam membuat pagar tentu akan memengaruhi banyak hal. Jika tidak didesain secara tepat, fungsi-fungsi elemen pada pagar tersebut bisa jadi hilang, atau tidak dapat dioptimalkan dengan baik.

Seperti penampakan nyeleneh pagar yang satu ini. Pada sebuah video yang diunggah akun TikTok @@reyhan.gty pada Senin (28/7) lalu ini memperlihatkan pagar bangunan yang tidak biasa. Awalnya pemilik akun ini merekam momen saat menunjukkan bangunan lain di sekitarnya dengan pagar yang terpasang sesuai standar.

penampakan pagar melayang © TikTok

foto: TikTok/@reyhan.gty

Namun, saat kamera menyorot bangunan berpagar putih tersebut, ternyata pagarnya tidak menyentuh sampai tanah. Bagian bawah pagar bolong sehingga terlihat seolah-olah melayang. Jika dilihat jaraknya pun sangat jauh, sekitar 1 meter dari atas permukaan tanah.

 

 

penampakan pagar melayang © TikTok

foto: TikTok/@reyhan.gty

Diduga pagar putih yang dibuat seolah melayang itu karena jalan sekitarnya tersebut didesain menurun. Hal ini bisa menjadi penyebab adanya ruang di bagian bawah pagar yang masih memungkinkan untuk dilewati orang atau kendaraan tanpa harus membukanya. Walaupun demikian, tak seharusnya jarak antara tanah dan pagar bisa setinggi itu.

Sontak penampakan pagar yang melayang ini pun menuai atensi warganet. Unggahan video tersebut hingga saat ini telah ditonton 1,3 juta kali dan mendapatkan lebih dari 3 ribu komentar. Banyak warganet yang heran dan mencoba menebak-nebak jika pagar melayang ini sengaja dibuat untuk tujuan khusus.

"aslinya tanahnya di bawah pager itu tapi di keruk jadi temurunan ya jadi pager melayang," ungkap akun @kingztiktok001.

"ak masih mikir fungsi dari pager itu ap," tulis akun @ranniahadeh.

"dan ternyata pagar nya turun naik," ujar akun @ranggapermadi_.

"itu meminimalisir agar orang2 gak bisa lompat pager," celetuk akun @faqih.mustaqim.

"Mungkin mobil container dilarang masuk," sahut akun @beensap.

@reyhan.gty #fyp #semarang minang kocak - ijul_ab