Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Ngakak
Yusuf Harfi (brl/lea)

19 Juni 2019 16:02

Mirip kopi luwak, durian tahi gajah kini jadi buruan

Banyak orang dengan sengaja membuntuti gajah yang memakan durian..

Mirip kopi luwak, durian tahi gajah kini jadi buruan

View Image



Brilio.net - Durian dikenal sebagai buah yang paling enak. Tak heran apabila durian memiliki julukan sebagai rajah buah. Tak hanya di Indonesia, durian juga banyak disukai oleh masyarakat luar negeri, seperti Malaysia.

Tahukah kamu, ada jenis durian yang kini tengah banyak diburu oleh pembeli, yakni durian tahi gajah. Mungkin memang terdengar agak aneh, namun durian tahi gajah kini banyak diburu di daerah Segamat, sebuah kota di negara bagian Johor, Malaysia yang terkenal sebagai kawasan penghasil durian.

Mirip dengan proses pembuatan kopi luwak, durian tahi gajah merupakan durian yang ditelan bulat-bulat oleh seekor gajah sebelum keluar bersama kotorannya. Durian yang tidak tercerna itu diklaim tak mengandung kotoran dan bakteri, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Dilansir brilio.net dari hmetro.com, Rabu (19/6), Pegawai Pertanian Daerah Segamat, Nur Akmal Abdullah mengatakan hal itu bukanlah sebuah gurauan, namun benar-benar terjadi, durian tahi gajah telah ada sejak puluhan tahun yang lalu.

Menurut Nur Akmal, banyak orang di Segamat yang sengaja membuntuti gajah yang memakan durian dengan tujuan dapat mengambil durian tahi gajah untuk dijual. Hal itu dilakukan atas permintaan pemesan yang berani membayar durian tahi gajah dengan harga yang mahal, bahkan mencapai lebih dari ribuan ringgit atau jutaan rupiah. Dahulu, durian tersebut banyak dipesan oleh para taipan kayu yang berani merogoh kocek dalam untuk mendapatkannya.

Loading...

"Durian-durian itu dikumpulkan oleh seseorang yang mengikuti gajah lalu dibersihkan. Lalu, durian itu dijual oleh taipan kayu yang mau membayarnya mahal," ujar Nur Akmal Abdullah.

Menurutnya, para pembeli meyakini durian tahi gajah memiliki khasiat yang tak dimiliki oleh durian lain, misalnya sebagai pembangkit gairah seksual.

"Durian ini dianggap istimewa karena mengalami proses pencernaan di dalam perut gajah. Pembeli biasanya percaya durian tersebut punya khasiat yang tak dimiliki durian lain," tambahnya.

Permintaan durian tahi gajah di Segamat makin tinggi sehingga harganya pun terus meningkat. Menurut Nur Akmal, di samping karena mendapatkannya sulit, durian yang biasa dimakan gajah ialah durian bervarietas tinggi.

"Mahalnya durian Segamat disebabkan lamanya proses pembibitan yang menghabiskan puluhan tahun yang melibatkan dinas pertanian dan lembaga terkait di Segamat," tutup Nur Akmal.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Unik Gajah Durian Buah-buahan Buah
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE