Brilio.net - IPA dan IPS, dua jurusan ini yang memisahkan kasta di sekolah menengah atas. Anak IPA selalu dicap pintar dan jadi jurusan idaman bagi para murid kelas 10. Sementara banyak anggapan murid-murid yang ada di jurusan IPS banyak yang bandel. Kamu setuju dengan anggapan ini?

Namun di beberapa sekolah, ada program pemberian edukasi lintas minat. Jadi, anak-anak IPA bakal dapat pelajaran IPS begitu juga sebaliknya. Program ini juga ada ujiannya. Jadi para murid tidak bisa menyepelekan begitu saja, walaupun bukan mata pelajaran jurusannya.

Belum lama ini, viral foto sebuah kertas jawaban ujian lintas minat dari salah satu sekolah. Foto yang diunggah di Instagram milik salah satu guru ini memperlihatkan kertas jawaban ujian Kimia yang dikerjakan seorang murid IPS. Tapi ada yang aneh dari jawaban murid tersebut. Terutama pada soal esai nomor 8 yang jadi sorotan.

Guru itu menyebutkan dalam postingannya, murid disuruh menyebutkan fraksi minyak bumi. Namun secara tak disangka, murid yang tidak diketahui identitasnya tersebut malah menjawab dengan deretan fraksi partai politik.

anak ips ngerjain soal kimia © Twitter/@edcfess

foto: Twitter/@edcfess

"Kelakuan anak ips ngerjain soal TPS kimia (lintas minat) disuruh nyebutin fraksi minyak bumi eh dia malah nulis nama2 partai," ujar sang guru, seperti brilio.net lansir dari unggahannya pada Jumat (4/10).

Tak hanya itu, warganet juga menyoroti jawaban nyeleneh lain di foto tersebut. Yakni saat sang murid disuruh menjabarkan dari soal C10H22. Bukannya menjawab sesuai rumus kimia, murid itu malah menuliskan C sepuluh kali dan H 22 kali.

Jawaban nyeleneh anak IPS ini viral di media sosial usai akun bernama @edcfess mengunggah ulang postingan sang guru. Hingga kini, cuitan itu telah di-retweet sebanyak lebih dari 2.500 kali. Banyak warganet, terutama yang melek dengan pelajaran kimia, geleng-geleng kepala dengan jawaban murid itu.

"Lebih triger sama c10h22 dia nulisnya Cccccccccccc-hhhhhhhhhh. Nangis sy," ungkap akun @cigarettes1st.

"ITU HIDROGEN AMPE 22 NTAR NJEBLUG GA YAH YAALLAH," tulis akun @baffypiee.

"Gue dulu anak ipa tapi bakal nulis gini juga kayaknya wkwkwkwk," kata akun @miIesmoraIes_.