Brilio.net - Masyarakat selama ini dilarang menggunakan ponsel di area SPBU karena radiasi yang dikeluarkan HP dikhawatirkan akan menyebabkan ionisasi dan bisa memicu percikan api. Jika terjadi hal demikian, bukan tidak mungkin akan timbul kebakaran, mengingat tempat tersebut adalah tempat penyimpanan bahan bakar.

Namun demikian, pemerintah melalui Pertamina akan mewajibkan pembelian BBM, khususnya Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina yang ada pada HP. Rencana ini tentu bertentangan dengan peraturan yang selama ini berlaku di SPBU.

Sebenarnya, pihak PT Pertamina sendiri sudah menjawab terkait hal tersebut kepada publik. Pertamina memperbolehkan menggunakan HP di area SPBU dengan beberapa ketentuan dan syarat berlaku.

aksi kocak sindir beli bensin pakai aplikasi © berbagai sumber

foto: Instagram/@pertamina

"Jadi, menggunakan handphone di SPBU diperbolehkan jika digunakan di publik area, convenience store, food court, dan kantor," tulis Pertamina, dikutip dari Merdeka.com, Senin (4/7).

Jarak untuk bertransaksi akan diatur minimal 1,5 meter dari dispenser SPBU, "Hindari menggunakan handphone di area tangki, area pembongkaran SPBU dan terlalu dekat dengan pompa pengisian ya, Sob," jelas Pertamina.

aksi kocak sindir beli bensin pakai aplikasi © berbagai sumber

foto: Instagram/@pertamina