Brilio.net - Zaman sekarang siapa sih, yang nggak punya akun media sosial (medsos)? Nyaris setiap orang di muka bumi ini punya akun medsos, mulai dari Facebook sampai Snapchat. Nah, tapi dari sekian banyak itu, ada yang kurang bisa mengontrol diri dalam memanfaatkan medsos. Kendati akun medsos itu milik pribadi, yang artinya si empunya berhak mengunggah konten macam apa pun, tetap saja hidup bersosialisasi di dunia maya juga ada aturannya.

Coba ambil contoh dalam dunia nyata. Kalau kamu punya teman yang sukanya ngegosip dan membuat obrolan nggak mutu, bahkan merugikan orang lain, bikin jengkel setengah mati, kan? Begitu pula yang terjadi di "masyarakat" dunia maya. Kala melihat postingan temanmu berisi keluhan, sindiran, caci maki, bahkan mendiskreditkan orang lain, jadi bikin sebel sendiri, kan? Bikin kotor beranda akun medsos-mu.

Nah, sebenarnya ada tips ampuh supaya kamu nggak kecanduan main medsos, apalagi kehilangan kontrol dalam memanfaatkannya. Membaca. Kamu bisa membaca buku, koran, atau berita atau artikel di internet.

BACA JUGA: Mainan HP itu bisa bikin kamu sehat lho, kayak 7 meme ini contohnya

Iya, dengan membaca kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Mau tahu apa saja? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/5), akibatnya kalau kamu lebih hobi membaca ketimbang kecanduan medsos:

1. Buat cowok, hobi baca bikin kamu menarik di mata lawan jenis. Soalnya, pengetahuan dan wawasanmu bakal lebih banyak sehingga cewek bakal tertarik dengan luasnya info yang kamu miliki. Akhirnya, kamu jadi bingung sendiri buat milih harus baca bareng siapa. Seperti meme berikut ini:

KURIO_HOBI BACA KETIMBANG NYAMPAH © 2016 brilio.net

foto: instagram.com/nabilahjkt48; instagram.com/herjunot7ali; instagram.com/tatjanasaphira


2. Dengan hobi membaca, kamu bakal berhemat. Soalnya paket data internet yang sering kamu gunakan bermain medsos untuk sementara (bisa juga berjangka waktu lama) stop dulu, karena fokus membaca buku atau e-book yang sudah kamu unduh.

KURIO_HOBI BACA KETIMBANG NYAMPAH © 2016 brilio.net

foto: dadisanjaya.blogspot.com


3. Salah satu keuntungan hobi baca adalah kamu jadi kaya diksi sehingga bisa menambah kemampuan mengolah kata rayuan buat gebetan. Setuju, nggak?

KURIO_HOBI BACA KETIMBANG NYAMPAH © 2016 brilio.net

foto: hancinema.net


4. Percaya atau nggak, "nyampah" di medsos itu menandakan kamu lagi punya penyakit hati atau ada yang nggak beres dengan emosimu. Gimana nggak, kalau tiap galau kamu update status, benci sama orang kamu sebar di Facebook, nyinyir tentang sesuatu kamu tweet di Twitter, terus pamer punya sesuatu kamu unggah di semua akun medsos-mu? Beda kalau hobi baca, "nutrisi" otakmu bakal bertambah. Nah, selanjutnya bakal menjadikanmu orang yang lebih bijak dan mampu mengendalikan emosi. Kamu sering dengar kalimat "Kamu adalah apa yang kamu baca", kan?

KURIO_HOBI BACA KETIMBANG NYAMPAH © 2016 brilio.net

foto: reviewlagubaru.wordpress.com


5. Buat cewek, hobi baca bakal bikin kamu lebih percaya diri ngobrol sama gebetan. Kamu bakal nyambung dalam percakapan dengan dia. Apalagi studi penelitian menunjukkan istri yang cerdas itu membantu meminimalisir risiko suami terkena demensia atau pikun. Nah, untuk cerdas itu berarti kamu kudu rajin baca, ladies! Kamu bisa baca buku non fiksi, novel fiksi, bahkan artikel berita di internet.

KURIO_HOBI BACA KETIMBANG NYAMPAH © 2016 brilio.net

foto: forums.soompi.com


6. Hobi baca bikin kamu banyak pengetahuan dan wawasan. Orang seperti kamulah yang dipercaya orang untuk berbagi dengan masyarakat luas. Kamu nggak mungkin bisa jadi pengajar di daerah pelosok kalau minim pengetahuan dan wawasan, bukan? Pun kamu nggak bisa jadi pembicara umum kalau nggak bermodal hobi baca.

KURIO_HOBI BACA KETIMBANG NYAMPAH © 2016 brilio.net

foto: newsth.com


7. Hobi baca juga melatih kemampuan menganalisis dan berimajinasi. Orang-orang dengan kemampuan analisis atau imajinasi bagus, bisa menjadi perancang atau kreator dalam sebuah perusahaan, organisasi, atau kelompok. Nah, percaya atau nggak, orang smart (karena saking rakusnya sama bacaan) justru tampak lebih karismatik ketimbang orang yang cakep tapi ditanyai ini-itu bilangnya nggak tahu. Setuju?

KURIO_HOBI BACA KETIMBANG NYAMPAH © 2016 brilio.net

foto: koreandramafashion.com; kellykdramafantasy.wordpress.com; mwave.interest.me