Brilio.net - Dalam agenda tahunan, polisi lalu lintas memiliki kegiatan rutin untuk mengadakan operasi lalu lintas. Tujuannya tentu untuk membuat jera para pengendara yang tidak menaati aturan berkendara. Seperti tidak membawa Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), tidak mengenakan helm atau sabuk pengaman dan juga merazia bagian kendaraan yang tak sesuai standar.

Beberapa razia seperti operasi patuh dan operasi zebra sedang digalakkan belakangan ini. Bagi pengendara yang tidak melengkapi surat-surat, biasanya mereka akan melakukan usaha untuk menghindar. Mulai dari putar balik kendaraan sampai melakukan tipuan-tipuan maut yang diharapkan mampu mengelabui petugas.

Usaha yang dlakukan para pengendara untuk menghindari petugas ternyata tak berbuah manis. Ternyata petugas polisi sudah sangat hafal dengan modus-modus pengendara yang lalai pada aturan. Bahkan saking hafalnya, Satlantas Polres Aceh Utara sampai membuat video cara-cara pengendara menghindari razia.

Video yang diproduksi oleh Satlantas Polres Aceh Utara ini dikemas dengan kocak. Video tersebut dibuat sebagai iklan masyarakat yang berisi pesan menyindir pelanggar lalu lintas. Video dari Polres Aceh Utara ini memberikan informasi yang menarik. Cara unik Satlantas Polres Aceh Utara dalam mengimbau masyarakat ini beredar di jagat maya dan viral.

Berikut ini deretan modus pendendara saat hindarai razia seperti brilio.net lansir dari akun Instagram @satlantasacehutara, Senin (5/11). Jangan ditiru ya!

1. Kalau kamu bertampang agak kebule-bulean, jangan pernah berpikir untuk pura-pura jadi turis deh. Begitu dikagetin terus latah, bakalan ketahuan deh.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Anjaay... Gaes, kita udh tau ya modus2 kalianayuk tertib, bentar lagi ada oprasi zebra rencong 2018 yaaaa... @ramebareng @dagelan @raja_ngakak @ngakakkocak @guyonann @comedyjomblo @officialhitamputiht7 @indozone @humaspolres_abes @faktanyagoogle @wowfakta @ntmc_polri @korlantas @dagelan @raja_ngakak @ngakakkocak @guyonann @comedyjomblo @indozone @officialhitamputiht7 @ivantoms12 @ekoafriyadi @lambe_turah @humaspolres_abes @fanimaulana @indovidgram @acehvidgram @indozone.id @kabaraceh @infodunia.id @berita_aceh @humaspoldaaceh @divisihumaspolri @zaini_tandiah @ramol28 @polisi_indonesia @smeidina @videokoplak @videobikinnyengir @ngakaksehat @videosegerkekinian @ngakakramerame @ngakakparodi @infia_fact @indozonemusic @pariwisataaceh @multimedia.humaspolri @sheillaaditya @maell_lee @fokusbro @bikinrameaja @beritakampret @lambenyinyir @lambe_lamis @lambe_julid @drama.sosialmedia @viral.banget #satlantasacutkeren

A post shared by Satlantas Aceh Utara (@satlantasacehutara) on


2. Nah, ini juga yang sering dilakukan banyak orang. Sok kenal dengan petugas. Dengan sok kenal sepeti ini, mereka sih berharap bisa lolos dari razia. Tapi ternyata petugasnya sendiri juga tidak peduli. Tetap saja ditilang kalau surat-suratnya tidak lengkap.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

sering bgd modusnya giniii looh gaes.. wkwkwkwkk yuk tag and repost semua temen kamu biar tau bentar lg ada oprasi Zebra gaes.. #satlantasacehutarariseup #satlantasacehutarakeren @ramebareng @dagelan @raja_ngakak @ngakakkocak @guyonann @comedyjomblo @officialhitamputiht7 @indozone @humaspolres_abes @faktanyagoogle @wowfakta @ntmc_polri @korlantas @dagelan @raja_ngakak @ngakakkocak @guyonann @comedyjomblo @indozone @officialhitamputiht7 @ivantoms12 @ekoafriyadi @lambe_turah @humaspolres_abes @fanimaulana @indovidgram @acehvidgram @indozone.id @kabaraceh @infodunia.id @berita_aceh @humaspoldaaceh @divisihumaspolri @zaini_tandiah @ramol28 @polisi_indonesia @smeidina @videokoplak @videobikinnyengir @ngakaksehat @videosegerkekinian @ngakakramerame @ngakakparodi @infia_fact @indozonemusic @pariwisataaceh @multimedia.humaspolri @sheillaaditya @maell_lee @fokusbro @bikinrameaja @beritakampret @lambenyinyir @lambe_lamis @lambe_julid @drama.sosialmedia @viral.banget #satlantasacutkeren

A post shared by Satlantas Aceh Utara (@satlantasacehutara) on


3. Lokasi polisi saat melakukan razia biasanya dimanfaatkan pengunjung untuk berbelok arah. Kalau dekat dengan pertokoan, biasanya mereka akan pura-pura mau belanja. Kalau dekat dengan perumahan warga, pengendara biasanya nekat untuk numpang masuk. Eh, ternyata rumah yang dimasuki adalah rumah petugas. Kena deh!

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Makiin terbongkaar yaa gaess..modus modus pelanggar.. wkwkwk wkwkwkwkk yuk tag and repost semua temen kamu biar tau bentar lg ada oprasi Zebra gaes.. #satlantasacehutarariseup #satlantasacehutarakeren @ramebareng @dagelan @raja_ngakak @ngakakkocak @guyonann @comedyjomblo @officialhitamputiht7 @indozone @humaspolres_abes @faktanyagoogle @wowfakta @ntmc_polri @korlantas @dagelan @raja_ngakak @ngakakkocak @guyonann @comedyjomblo @indozone @officialhitamputiht7 @ivantoms12 @ekoafriyadi @lambe_turah @humaspolres_abes @fanimaulana @indovidgram @acehvidgram @indozone.id @kabaraceh @infodunia.id @berita_aceh @humaspoldaaceh @divisihumaspolri @zaini_tandiah @ramol28 @polisi_indonesia @smeidina @videokoplak @videobikinnyengir @ngakaksehat @videosegerkekinian @ngakakramerame @ngakakparodi @infia_fact @indozonemusic @pariwisataaceh @multimedia.humaspolri @sheillaaditya @maell_lee @fokusbro @bikinrameaja @beritakampret @lambenyinyir @lambe_lamis @lambe_julid @drama.sosialmedia @viral.banget #satlantasacutkeren

A post shared by Satlantas Aceh Utara (@satlantasacehutara) on


4. Terakhir adalah pura-pura tukar sopir. Hayo siapa yang pernah begini? Ini juga jadi salah satu modus yang paling banyak dilakuin.