Brilio.net - Cerita Si Juki yang disajikan dalam versi cetak maupun online (website resmi dan atau webtoon) adalah cerita yang Indonesia banget. Sosoknya mewakili cerita sejumlah anak muda di Indonesia. Mulai bagaimana dia lulus UN, kuliah, aktif di kampus, hingga saat sedang mencari kerja.

Nggak heran jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyukai karya asli Indonesia ini. Jokowi pernah “tertangkap” kamera sedang membaca serius cerita Si Juki, yang berjudul #BeraniGagal, kala melakukan perjalanan ke Semarang sekitar Juni 2016 lalu. Sebagaimana dikutip dari website resmi Si Juki di sijuki.com, Faza Meonk, kreator Si Juki, menyatakan bahwa Jokowi mendapatkan buku ini dari putra bungsunya, Kaesang.

Memangnya seseru apa sih, Si Juki dari Faza Meonk ini? Nih, dirangkum brilio.net dari sijuki.com dan webtoon.com, Rabu (26/10), 20 cuplikan cerita Si Juki yang bikin kamu senyum-senyum sendiri sampai ngakak:


1. Kisah Kusut Dunia Dongeng.

Si Juki lucu  © 2016 brilio.net

Sejak awal cerita ini sudah menunjukkan karakter Juki yang lucu, namun sangat bersahabat. Juki kemudian bertemu dengan seorang teman cewek dan professor tua yang mengajaknya masuk ke dunia dongeng. Penjelajahan ini menegangkan dan lucu.

2. Nostalgia Ramadhan Si Juki Kecil.

Si Juki lucu  © 2016 brilio.net

Kisah yang disajikan dalam episode kali ini adalah pengalaman banyak anak kecil di Indonesia, namun disajikan secara jenaka dan inspiratif oleh Faza Meonk. Cerita tentang bagaimana mereka menghadapi godaan puasa di tengah hari, hingga malam bulan puasa yang tidak hanya bernuansa religi, tapi juga penuh keakraban.

3. Lika-Liku Anak Kos.

Si Juki lucu  © 2016 brilio.net

Juki yang sebenarnya orang Betawi, tetap memilih ngekos, walaupun kuliahnya di Jakarta. Alasannya macet, padahal dia ingin bebas jauh dari keluarga. “Anak kostan harus pintar demi penghematan. Asal punya banyak teman urusan perut pasti aman” ujar Juki yang punya tips minta uang parkir ke teman.

4. Nostalgia Ramadhan Si Juki Kecil Session 2.

Si Juki lucu  © 2016 brilio.net

Keran air sering menjadi teman setia untuk ngobrol di saat haus. Tapi kadang kebablasan airnya masuk. Tidakk heran jika Juki sering pulang ke rumah dengan segar, karena abis minum. Duh Juki!

5. Tahun Baruan.

Si Juki lucu  © 2016 brilio.net

Mengkhayal itu rupanya enak ya. Seperti teman-teman Juki ni. Mereka berkhayal akan tahun baruan di Australia dan Singapura. Lalu bagaimana cara mewujudkannya? lihat aja dialog mereka!

6. Ngampus.

Si Juki lucu  © 2016 brilio.net Cerita tentang Juki yang sedang kuliah ini diramaikan dengan 3 orang sahabatnya yang baru saja lulus SMU. Persahabatan empat sekawan ini rupanya bikin heboh kampus. Tidak hanya itu mereka mengatur berbagai strategi untuk melihat kenyataan yang ada seperti berhadapan dengan dosen killer, ngakalin pengawas saat ujian, hingga lika-liku nembak gebetan. Dijamin ngakak dech.

7. Uang Kecil.

Si Juki lucu  © 2016 brilio.net

Siapa sih yang tidak kesal jika diberi kembalian pakai permen. Padahal, kita biasa beli barang pakai uang, bukan permen. Ini juga yang bikin Si Juki, hingga dia suatu hari beli barang pakai permen. Kamu mau coba juga ?

8. April Mop.

Si Juki lucu  © 2016 brilio.net

Banyak orang yang ingin berbohong saat datang tanggal 1 April, atau biasa disebut dengan April Mop. Tapi siapakah kamu yang jago bohong versi Juki. Menurut Juki, yang ada di gedung mewah itu yang jago April Mop.

9. Asap Riau.

Si Juki lucu  © 2016 brilio.net

Ini dia kritikan pedas ala si Juki. Walaupun tampak jenaka, Juki rupanya peka terhadap masalah sosial dan lingkungan. Tidak percaya? Lihat aja gambar ini.

10. Kompilasi pelesetan.

Si Juki lucu  © 2016 brilio.net

Ini “plesetan” loh, bukan “persetan”. Plesetan jangan lagi diplesetkan. Kalo masalah plesetan, si Juki jagonya. Apa aja bisa dia diplesetkan.

11. Perbedaan Power Ranger dan Power Point.

Si Juki lucu  © 2016 brilio.net

Ini adalah komik yang kamu banget, kan? Ngaku deh, yang semangat banget nonton Power Ranger setiap Minggu pagi dulu. Tapi pas sudah gede dan kuliah, lihat power point rasanya sepet. Betul?

12. Reporter Liputan 9.

Si Juki lucu  © 2016 brilio.net

Bagaimana jadinya jika Si Juki yang lucu dan nyentrik itu menjadi reporter televisi, pasti lucu. Apalagi dia belum pengalaman dan hanya iseng-iseng ngelamar jadi Reporter tim Liputan 9. Kala pertama kali mendaftar pun tingkah Juki langsung terlihat gokil, begitu juga saat wawancara dengan nara sumber dan menyampaikan berita.

13. Meraih mimpi ala Juki.

Si Juki lucu  © 2016 brilio.net

Meraih mimpi dimulai saat kuliah. Si Juki, yang sebenarnya hobi tidur harus sering berdebat dengan dosen yang menegurnya. Tapi ada aja cara Juki berkilah dengan mengatakan dia tetap bisa menangkap pelajaran walau sedang tidur. Benar nggak sih, Juki ?

14. Udah gede kok merokok?

Si Juki lucu  © 2016 brilio.net

Ini jenakanya Si Juki, jika orang lain biasa bertanya ke anak kecil “Anak kecil kok, merokok?”, dia malah bertanya “Udah gede kok, merokok?” kepada orang yang dari segi umur sudah diperbolehkan merokok. Ini bukan bertanya, tapi memperingatkan dengan halus ala Juki.

15. Kurban antimainstream.

Si Juki lucu  © 2016 brilio.net

Lucu nggak sih, jika yang dikurbankan Juki pada Hari Raya Idul Adha adalah seekor kambing yang bisa bawa golok. Ih, ngerii. Tapi ini lucu, loh. Dan ini yang disebut Juki dengan kurban antimainstrem.

16. Perselingkuhan!

Si Juki lucu  © 2016 brilio.net

Apakah perselingkuhan itu hanya tentang suami dan istri? Bagi Juki nggak. Ada perselingkuhan yang jauh lebih berbahaya dibanding penyelewengan yang dilakukan suami atau istri, yaitu perselingkuhan penguasa dan pengusaha. Duh, berat banget pembahasannya. Inilah cara Juki melakukan kritik dengan jenaka.

17. Banjiiir!

Si Juki lucu  © 2016 brilio.net

Apa aja yang dilakukan saat banjir datang? Saat datang banjir, orang pertama kali banyak melakukan marah-marah ke kepala daerah dan update status. Lho, kok begitu? Bukannya bajir harus diselesaikan dan menyelamatkan jemuran? Tapi itulah uniknya Indonesia yang dipotret oleh Juki.

18. Spesial hari ibu.

Si Juki lucu  © 2016 brilio.net

Saat hari ibu banyak anak yang berbondong-bondong bantu ibunya. Nggak seperti Juki yang nggak mau bantu beli minyak goreng dengan alasan deadline tugas kuliah. Tapi saat gorengan sudah matang, Juki yang duluan ngambil gara-gara akhirnya kelaperan. Duh Juki, Juki...

19. Konvensi Cawapres.

Si Juki lucu  © 2016 brilio.net

Ada-ada saja visi dan misi yang disampaikan bakal cawapres yang disajikan Juki ini. Ada lima cawapres yang akan mendampingi Juki, antara lain Tuti, Pavlichenko, Jaka Kahuruan, Brutu, dan Juleha. Kampanye visi dan misi mereka juga ngocol abis, dari yang soal gratis es tung-tung sampai yang kampanye memberanikan cewek nembak cowok duluan. Alamak... ada-ada aja cawapres Si Juki ini.

20. World Cup Indonesia vs Jepang.

Si Juki lucu  © 2016 brilio.net

Indonesia masuk piala dunia di zaman modern ini mungkin baru terjadi di komik Juki. Pemain Indonesia nggak takut pada Kapten Tsubasa (di sini dipelesetin jadi Tisubasah!), malah bisa melewatinya.

Nah, terbukti bikin ketawa kan, baca cuplikannya? Si Juki bukan hanya diunggah di sijuki.com, tapi juga ngehits banget di webtoon LINE, lho.

Nah, masa kamu nggak mau ikutan bikin karya keren seperti Faza Meonk dengan Si Juki-nya? Ada kesempatan emas buat kamu bisa jadi komikus andal dengan mengikuti LINE Webtoon Competition yang diadakan LINE Indonesia.

Kamu bisa cek info lebih lanjut di tautan ini. Karyamu bisa ditayangkan di webtoon, lho. Keren, deh kamu jadinya. Yuk, ikutan sekarang juga!