Bermain tebak-tebakan yang lucu dapat menjadi hiburan tersendiri untuk sekadar menikmati waktu rehat sejenak. Jenis permainan tebak-tebakan ini beragam, di antaranya tebakan nama buah, sayur, hewan, benda dan banyak lainnya. Tebak-tebakan juga bisa dimainkan dengan berbagai bahasa, salah satunya bahasa Jawa.

Bahasa Jawa termasuk bahasa yang telah cukup populer dan dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. Bahasa Jawa merupakan bahasa daerah yang memiliki banyak ragam. Sebut saja contohnya seperti bahasa Jawa ngoko, kromo inggil, ataupun bahasa Jawa krama alus.

Berkat keunikannya, alhasil muncullah kreativitas berupa tebak-tebakan bahasa Jawa lucu sebagai ajang untuk hiburan sekaligus mengenal kosakata bahasa tersebut. Selain lucu, tebak-tebakan bahasa Jawa ini juga tak kalah sulit dari tes Toefl. Banyak orang yang terjebak dengan jawabannya.

Biar nggak penasaran, simak ulasan tebak-tebakan bahasa Jawa lucu berikut ini yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (4/8). Dijamin jawabannya bikin mikir keras.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Tersandung akar pohon.

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: brilio.net

Jawaban: d. Kesrimpet

2. Terpeleset ke sela-sela bambu.

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: brilio.net

Jawaban: a. Keblusuk

3. Karung beras bocor, jawabannya bikin bingung nih.

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: brilio.net

Jawaban: c. Mancur

4. Terkilir tangannya.

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: brilio.net

Jawaban: d. Kecethit

5. Kalau jatuh ke kolam disebut apa hayo?

brilio.net © 2021 brilio.net

foto: brilio.net

Jawaban: b. Kecemplung

6. Mau jatuh nggak jadi, untung masih pegangan.

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: brilio.net

Jawaban: c. Mbrasak

7. Apa ya namanya?

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: brilio.net

Jawaban: b. Mbrobol

8. Emang pelafalannya mirip sih, 'kulon'.

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: Twitter/@widyaputriutamy

9. Orang Jawa menyebut garam itu 'uyah', kayak nama seleb yang satu ini.

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: Twitter/@oyeppp

10. Saos huruf depannya ganti 'M', jadi 'Maos' artinya membaca.

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: Twitter/@gabsygun

11. Sebutan anak muda dalam bahasa Jawa, 'Enom'.

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: 1cak.com

12. Musisi Mawang sampai dibawa-bawa nih, maksudnya 'lawang'.

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foot: Instagram.com/janganserius

13. Kebiasaan yang diulang-ulang, 'tuman'.

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: Twitter/@jawafess

14. Kayak nama kota di Sumatra Barat.

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: 1cak.com

15. Udon diplesetin jadi 'Udan'.

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: Twitter/@jawafess

16. Kalau ini jawabannya bikin geleng-geleng kepala, 'pit'.

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: Facebook/Fp.Useless

17. Emang kreatif, dari Bambang jadi 'Brambang'.

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: 1cak.com

18. Bacanya bukan 'enjel' tapi sesuai tulisannya 'Angel'.

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: Instagram/@meme.wkwk

19. Ngalor (utara), Ngidul (selatan), Ngetan (timur), dan Ngulon (barat).

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: Twitter.com/@angkr1ngan

20. Digigit pangkalnya, yang berkurang ujungnya.

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: pinterest.com

21. Maksudnya 'Suwun' ya guys~

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: Instagram/@janganserius

22. 'Batuk' dalam bahasa Jawa artinya jidat, bisa gitu ya.

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: Istimewa

23. Sayang, opo kue krungu~

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto. 1cak.com

24. Kalau sering berbuat salah bilang aja 'Sepurane'.

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: Istimewa

25. Bisa bikin salah paham nih kalau mau beli HP.

Tebak-tebakan bahasa Jawa © berbagai sumber

foto: 1cak.com

(brl/fen)

RECOMMENDED BY EDITOR