Brilio.net - Selain memiliki kekayaan alam yang berlimpah, Indonesia juga kaya akan budaya. Dalam hal bahasa, misalnya. Sampai dengan tahun 2020 lalu, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), mengatakan bahwa saat ini terdapat 718 bahasa daerah yang sudah teridentifikasi di Indonesia.

Masyarakat setempat pun masih aktif menggunakan bahasa tersebut dalam keseharian. Tak hanya saat berkomunikasi tatap muka, hal tersebut juga dilakukan saat mereka berkomunikasi melalui gawai, seperti berkirim pesan singkat.

Namun, apa jadinya jika bahasa daerah tersebut digunakan untuk berkomunikasi dengan orang yang berasal dari wilayah berbeda? Sebagian yang mungkin sudah cukup lama menetap di daerah terkait sih mungkin akan paham sedikit-sedikit ya. Akan tetapi, bagi pendatang baru, waduh yang pasti bakal bikin bingung.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, berikut telah brilio.net rangkum sejumlah chat lucu pakai bahasa daerah, Rabu (5/4). Kocak deh, sebagian bikin gagal paham!

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Hmmm, nggak gini sih konsepnya.

Chat lucu pakai bahasa daerah © berbagai sumber

foto: Instagram/@dagelanregion

2. Padahal udah dikasih tahu loh~

Chat lucu pakai bahasa daerah © berbagai sumber

foto: Instagram/@awreceh.id

3. Ya, lihat konteks juga. Kalau perkalian ya nggak gitu kalimatnya.

Chat lucu pakai bahasa daerah © berbagai sumber

foto: Instagram/@humor.indonesia

4. Percakapan multibahasa nih.

Chat lucu pakai bahasa daerah © berbagai sumber

foto: 1cak.com

5. Ternyata oh ternyata, ending-nya...

Chat lucu pakai bahasa daerah © berbagai sumber

foto: Twitter/@sundastruggles

6. Yang paham mungkin bisa bantu buat menjelaskan.

Chat lucu pakai bahasa daerah © berbagai sumber

foto: Twitter/@sundastruggles

7. Yah, malah jadi salah paham.

Chat lucu pakai bahasa daerah © berbagai sumber

foto: Twitter/@sundastruggles

8. Lah, kulo itu artinya aku.

Chat lucu pakai bahasa daerah © berbagai sumber

foto: istimewa

9. Kan uangnya bisa buat beli makanan. Terus perut jadi kenyang deh.

Chat lucu pakai bahasa daerah © berbagai sumber

foto: istimewa

10. Eh, gimana? Gimana? Kok jadi bikin bingung ya.

Chat lucu pakai bahasa daerah © berbagai sumber

foto: 1cak.com

(brl/guf)

RECOMMENDED BY EDITOR