Brilio.net - Berawal dari keprihatinannya melihat seorang tukang becak yang sudah tua tidak kuat mengayuh becaknya, Wiwin Vegas (39) seorang warga Jogja berhasil menciptakan becak dengan tenaga listrik. Sehingga dapat menghemat tenaga si tukang becak dan juga tidak boros bahan bakar layaknya becak motor sekaligus ramah lingkungan.

Dengan empat buah aki berkekuatan 48 volt, kendaraan roda tiga ini menggunakan dinamo sebagai mesin penggeraknya. Dalam kondisi baterai yang terisi penuh, becak listrik ciptaan Wiwin mampu menempuh jarak sejauh 35 km atau selama kurang lebih 2 jam dengan kecepatan 20 km/jam.

Di bengkel miliknya yang berada di kawasan Bumijo, Yogyakarta, pria yang merupakan lulusan SMK Pancasakti jurusan mesin ini mengungkapkan bahwa becak karyanya tersebut memiliki bentuk yang sama dengan becak pada umumnya. Selain dari mesinnya, bagian yang cukup berbeda hanya pada ban yang lebih tebal dengan diameter ukuran kecil.

"Becak ini juga dilengkapi sama perlengkapan seperti pad motor kayak lampu depan dan lampu sein. Kecepatannya sengaja dibuat rendah biar nggak membahayakan," ujar Wiwin saat ditemui brilio.net di bengkelnya, Selasa (21/4)

Untuk mengisi tenaganya, becak tersebut hanya membutuhkan tenaga sebesar 100 watt saja dengan waktu penyeteruman selama empat jam. Wiwin menyatakan hanya membutuhkan waktu selam tiga minggu saja untuk memproduksi satu buah becak.

Wiwin berharap agar nantinya becak tersebut dapat diproduksi secara massal, karena tidak seperti becak motor yang boros BBM becak karya Wiwin ini ramah lingkungan.