Brilio.net - Sering mengisi bahan bakar minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik Pertamina kan? Nah jika kamu cermati gagang selang yang kerap dipegang petugas SPBU itu memiliki warna berbeda-beda.

Umumnya untuk kategori bensin berwarna merah, biru, kuning muda dan terakhir kehijauan. Nah, ternyata warna-warna gagang tersebut tidak sembarangan dibuat. Ada arti terkandung di dalamnya.

Dijelaskan salah satu supervisor SPBU di Jogja yang meminta namanya cukup disingkat "AS" saja, warna gagang itu menunjukkan warna bensin yang dijual.

“Pertamax plus warnanya merah, Pertamax 92 warnanya biru, Premium warnanya kuning muda, sedangkan bensin jenis baru, Pertalite warnanya kehijau-hijauan hampir mirip seperti Premium dicampur Pertamax," ujar AS kepada brilio.net, Rabu (16/9).

AS mengungkap, selama ini masyarakat tidak banyak yang tahu terkait warna pada gagang selang yang kerap dipegang petugas SPBU tersebut. "Jadi dipikirnya iseng saja, padahal ada artinya. Memang sih warnanya nggak terlalu mencolok, tapi memang gagang itu menunjukkan warna bensinnya," terangnya.