Brilio.net - Youtube telah banyak membuktikan kedahsyatannya dalam mengantarkan orang yang awalnya bukan siapa-siapa menjadi terkenal, sukses, dan banyak uang.

Kamu pasti ingat video cover Keong Racun Sinta dan Jojo yang meledak di Youtube? Atau Norman Kamaru? Meski kini mereka tak muncul lagi ke permukaan, Norman bahkan banting setir di bisnis kuliner, mereka adalah orang yang bisa dikatakan besar oleh media yang menitikberatkan pada video tersebut.

Seperti halnya Sinta dan Jojo atau Norman Kamaru, Michelle Phan, perempuan kelahiran Boston, Massachussetts, Amerika Serikat (AS) ini juga merasakan kesuksesannya berkat Youtube.

Dilahirkan dari orang tua Vietnam yang hijrah ke Paman Sam, Phan mengawali peruntungannya di dunia media sosial dengan menjadi blogger di usia 15 tahun. Kecintaannya pada fashion, khususnya makeup, membuat Phan, berpikir untuk membuat tutorial terkait urusan kecantikan wajah tersebut.

Pada 2007, perempuan yang mengidolakan Jack Ma ini kemudian merilis video tutorial makeup-nya yang pertama di Youtube. Tak dinyana, itu menjadi loncatan kariernya yang luar biasa. Video tutorialnya menarik banyak pengunjung, hingga mencapai 7,5 juta pelanggan.

"Sejak merilis video pertama saya pada 2007, saya telah berkomitmen untuk membuat konten berkualitas bagi penonton saya, dan saya beruntung mendapat kesempatan untuk meneruskan perjalanan menyenangkan ini," kata Pha.

Dengan jumlah pelanggan mencapai 7,5 juta, tiap video Phan yang hanya sekitar 300 saja mendapat view rata-rata 3,333,333.33335. Tak banyak Youtubers, sebutan bagi pembuat video, bisa mendapatkan statistik sebesar itu.

Kepopulerannya yang luar biasa di Youtube, membuat sejumlah situs memuat video-nya. Buzzfeed pernah menampilkan dua tutorial makeup Phan, "How Get Lady Gaga's Eye" pada 2009 dan 2010, yang mana membantu secara viral dan membuat video tersebut tembus sejuta pelanggan.

Dari sana, Phan mulai banyak dilirik perusahaan-perusahaan kosmetik terkemuka untuk membantu promosi produk-produknya. Pada 2010, Lancome membuatkan Phan video resmi makeup artis, setelah dia menampilkan sejumlah produk-produk mereka di videonya.

Pada Agustus 2013, L'oreal juga meluncurkan lini kosmetik baru yang diberi nama "em" by Michelle Phan. Perempuan penyuka buah dan green tea juga mendirikan bisnis pribadi, 'MyGlam', belakangan diganti menjadi "ipsy", startup makeup berlangganan, yang menjadi rumah para pemuja kecantikan untuk berbagi, mencoba produk baru dan serta mengupload tutorial kecantikan mereka.

Pada Mei 2014, Phan juga mengumumkan kerja sama dengan Endemol Beyond USA, membangun sebuah jaringan talent yang menampilkan orang dari Youtube dan menciptakan konten bagi millenial, generasi masa kini yang berusia di kisaran 15-34 tahun.

Terakhir pada September 2014, lini bisnis Phan bertambah setelah berpartner dengan Cutting Edge Group (CEG) mendirikan Shift Music Group, platform bagi artis untuk promosi dan berbagi musik.