Brilio.net - Sudah berapa tahun kamu menonton kartun Doraemon? Mungkin sudah belasan tahun. Saking lamanya kartun tersebut kita sampai tidak tahu lagi kapan awal mula kartun robot kucing yang tayang di Indonesia.

Ternyata usia Doraemon di Indonesia sudah cukup tua, lebih dari setengah abad menemani anak-anak Indonesia. Doraemon pertama kali tayang di Indonesia pada 19 Agustus 1962 di TVRI karena pada saat itu belum ada TV swasta. Selama belasan tahun nonton kartun ini, pernahkah kamu memperhatikan tangan Doraemon?

Ya, tangan Doraemon memang bulat tanpa jari-jari. Terus kok dia bisa memegang sesuatu ya? Dia bisa mengeluarkan alat-alat dari kantung ajaibnya, juga dapat memegang dorayaki kue kesukaannya. Lalu bagaimana penjelasannya?

Seperti dilansir brilio.net dari fujiko-museum, Selasa (16/6), Doraemon adalah robot dari masa depan tepatnya dari abad ke-22. Diceritakan pada abad ke-22, segala teknologi sudah maju. Episode 11 yang berjudul Doraemon No Himitsu, dijelaskan bahwa tangan Doraemon memiliki kekuatan adhesive dan daya vacuum yang luar biasa sehingga benda apa pun dapat menempel di tangannya. Teknologi yg digunakan pada tangannya ini mirip dengan gaya gravitasi bumi dalam skala mini.

Di sisi lain, ilmuwan telah meneliti dengan membuat robot tangan yang menyerupai tangan Doraemon yang disebut dengan Robotic Grippers based on Regular Jamming. Cara kerjanya adalah, jari-jari tersebut digantikan oleh bahan granular yang jika ditekan ke objek akan membentuk sesuai bentuk objek tersebut.

Penasaran? Lihat videonya di sini.

BACA JUGA:

Kalau Nobita dan Sizuka happy ending, cinta pertama Doraemon tragis

Aslinya Doraemon punya telinga dan berkulit kuning lho

Berapa umur Doraemon sekarang, penasaran kan?

Suara Naruto ternyata berasal dari perempuan

Ekspresi tokoh kartun ternyata mewakili ekspresi si pembuat

Ternyata sosok Luffy di kartun One Piece sungguh ada di dunia nyata

Siapa sebenarnya ibu dan bapak dari Masha? Ini penjelasannya