Brilio.net - Beberapa sumber menyebut kartun pertama adalah Mickey Mouse yang diputar tahun 1928 pada episode Steambot Willie. Namun jauh sebelum itu sudah ada beberapa film animasi yang telah dibuat para pendahulu. Bonzo The Dog dan Felix The Cat sudah beberapa tahun lebih dulu sebelum Mickey, yaitu masing-masing tahun 1922 dan 1919. Beberapa bahkan sudah hadir jauh sebelum itu, seperti dikutip dari History Today dan Filmsite, Jumat (15/5).

Pada 1906, ada Humorous Phases of Funny Faces garapan James Stuart Blackton yang disebut sebagai film animasi pertama yang memenuhi standar film gambar bergerak. Lalu, diikuti Fantasmagorie pada 1908 garapan Emile Cohl yang disebut-sebut film animasi penuh pertama karena metode pembuatannya sudah jauh lebih simpel yaitu menggambar dengan garis-garis yang simpel.

Sebelumnya, ada pula tiga film animasi garapan saintis Perancis Charles-Emile Reynaud yaitu Pauvre Pierrot (Poor Pete), Le Clown et Ses Chiens (The Clown and His Dogs), dan Un Bon Bock (A Good Beer). Tiga film yang tayang bersamaan pada 1892 ini kemudian dikenal dengan Pantomimes Lumineuses, hadir setelah penemuan perangkat animasi bernama praxinoscope (1877).

Pembuatan beberapa film animasi tersebut tidak diinspirasi oleh karya sebelumnya berupa komik berseri yang dimuat di media-media cetak. Seperti dikutip dari History Today, cerita Ally Sloper pada 1867 pernah dimuat di majalah Judy di Inggris sedangkan cerita Max and Moritz telah terbit secara cetak di Jerman pada 1865.

Penasaran dengan film-film animasi itu? Berikut video-videonya:

Humorous Phases of Funny Faces-nya James Stuart Blackton (1906)

Pauvre Pierrot besutan Emile Reynaud (1892)

Emile Cohl dengan Fantasmagorie (1908)