Brilio.net - Seni melipat kertas ala Jepang, origami, sekarang sudah populer di mana-mana. Origami yang berasal dari kebiasaan masyarakat Jepang, telah mendunia.

Origami berasal dari kata "ori" yang berarti lipat dan "gami" yang berarti kertas, sehingga origami diartikan sebagai melipat kertas. Origami diyakini sudah ada sejak abad ke-6 dikekaisaran Azuka. Masyarakat Jepang meyakini bahwa origami bukan sekedar melipat kertas dan membentuk sebuah benda, melainkan origami adalah karya seni tingkat tinggi yang dikerjakan dengan penuh keseriusan dan ketelitian.

Sekumpulan fisikawan dari Jepang baru-baru ini membuat mata dunia terkagum-kagum. Bagaimana tidak, mereka berhasil menciptakan sebuah origami yang bisa menari mengikuti alunan musik. Penelitian tentang origami memang sangat berkembang pesat dikalangan ilmuan, bukan hanya para pencinta seni.

Fisikawan-fisikawan kreatif dan cerdas ini bahkan juga menciptakan beberapa karya-karya hebat lainnya. Semua karya yang dibuat dapat dijumpai di laman website yang khusus mereka gunakan untuk mempublikasikan karya spektakuler tersebut yaitu ugoita

Di daratan Amerika pun, origami menjadi studi tersendiri. America Pshysical Society telah meneribitkan 12 makalah khusus "extreme mechanic" yang berasal dari origami. Hal itu tercipta dengan menggunakan eksponensial dan ilmu matematika yang rumit untuk mengetahui seberapa besar origami dapat berperan bagi kehidupan manusia.

Pada bagian kaki bangau origami ciptaan oguita diberikan sebuah sentuhan teknologi canggih seperti elektromagnetik, sehingga si bangau dapat bergerak sesuai dengan irama musiknya. Berikut ini video origami yang menari akan membuatmu terkagum-kagum.

Nah, gimana, tertarik menekuni seni melipat kertas ini?