Brilio.net - Skripsi mungkin menjadi salah satu hal yang paling ditakuti hampir semua mahasiswa semester akhir. Buktinya pasti ada yang mengeluh ketika sedang mengerjakan skripsi, entah itu karena kendala referensi, penelitian, dosen, dan lainnya. Tapi sepertinya skripsi bukan menjadi mimpi buruk untuk Rizki.

Rizki (22), yang merupakan mahasiswa Pogram Studi Pendidikan Teknik Informatika di salah satu universitas negeri di Jawa Timur ini mengaku bahwa saat ini dia sedang berkutat dengan enam skripsi, yang mana satu skripsi miliknya dan lima milik teman-temannya.

"Awalnya sih ada satu teman minta bantuan saya kemudian teman yang lain juga ikutan karena kebetulan temanya sama. Saya bukan mengerjakan keseluruhan skripsinya tapi hanya medianya saja, entah itu media pembelajaran berupa program flash, website, sistem informasi, dan lainnya," cerita Rizki pada brilio.net Kamis (16/5).

Mahasiswa asal Kediri, Jawa Timur ini menambahkan motivasinya melakukan itu semata-mata karena ingin membantu teman-temannya dan juga untuk mendapat pengalaman. Karena menurut Rizki dengan membantu orang lain maka kemampuannya juga akan bertambah.

"Tujuan saya juga mencari ilmu. Percuma kalau saya lulus duluan tapi nggak bisa apa-apa, apa nanti saya berguna di luar? Kan lebih baik saya lulus dengan banyak ilmu daripada keluar tapi nggak jadi apa-apa," tukas Rizki.

Untuk skripsi milik Rizki sendiri saat ini sudah mencapai bab pembahasan, sedangkan satu skripsi milik temannya yang dia bantu sudah tahap sidang. Rizki mengaku bahwa tidak masalah bila dia harus menambah semester di kampusnya untuk menyelesaikan skripsinya sendiri daripada 5 temannya tersebut yang harus menambah semester.