Brilio.net - Nasi tumpeng sangat identik dengan warna kuning, berbentuk kerucut dan disertai beragam lauk-pauk dan hiasan. Nasi ini sering banget dijadikan syarat wajib untuk melakukan syukuran di Jawa. Nasi tumpeng juga kerap dijumpai di acara 17 Agustusan.

Tapi percayakah kamu kalau ternyata nasi ini memiliki daya pikat luar biasa, bahkan orang Jerman pun menggemarinya? Gaganawati Stegmann memiliki buktinya.

Menyadari dirinya berasal dari Indonesia, Gaganawati Stegmann yang telah menetap di Jerman selama 9 tahun, selalu menghadirkan nasi tumpeng di acara penting keluarganya. Lidahnya hambar bila tak mencicipi barang satu sendok nasi tumpeng setiap tahunnya. Dia tak malu menyuguhkan hidangan itu ke tetangga-tetangganya, salah satunya ketika ulang tahun anak-anaknya.

Ternyata kebiasaannya itu bisa sekaligus untuk memamerkan tradisi Jawanya. Dan anehnya mereka tak sedikit pun protes dengan nasi tumpeng yang dihidangkan Gana. Malahan mereka menyantapnya dengan lahap dan jadi ketularan bikin nasi tumpeng saat hari tertentu.

Bagi Gana, salah satu dari puluhan acara memamerkan tumpeng yang sangat membekas adalah saat ulang tahun putrinya yang paling bungsu. Dia mengundang 15 anak dan 15 ibu dari klub Mutter und Kind (ibu dan anak) tempatnya berolahraga di aula kota. Untuk ukuran orang Jerman, ini adalah sebuah pesta yang terlalu berlebihan. Biasanya undangan ultah anak sangat terbatas, misalnya lima orang saja.

Ternyata orang Jerman doyan makan nasi tumpeng

Saat tetangga Gana mulai mencicipi makanan, dia menjelaskan seluk beluk nasi tumpeng yang dia masak, termasuk maknanya. "Saya bilang ke mereka saat itu kalau bagi leluhur saya, nasi tumpeng mengalahkan kue tart ulang tahun selezat apapun," katanya sambil mengingat kembali kejadian saat itu kepada brilio.net, Selasa (24/3).

Tetangganya manggut-manggut mendengar penjelasan Gana. Salah satu tetangga Gana pun sampai berkata, "Dies Gelbe Reise ist einfach lecker (Masakan ini lezat)." Tetangganya yang lain menimpali, "Ja, genau... wann hast du gemacht? Und wie? (Ya sepakat... kapan kamu membuatnya? Dan bagaimana caranya?)"

Ternyata orang Jerman doyan makan nasi tumpeng

Orang-orang Jerman itu terlihat sangat ingin tahu cara pembuatan nasi tumpeng. Sembari menerangkan, dia lihat ibu-ibu tak berhenti membuka mulut dan melahap nasi tumpeng yang baru pertama kali mereka santap. Tak disangka, beberapa menit kemudian, nasi tumpeng hanya sedikit. Wow, ternyata orang Jerman doyan makan nasi tumpeng.