Brilio.net - Stres adalah fase hidup yang harus kamu hadapi, karena stres bisa datang kapan saja. Tapi dengan datangnya stres kamu juga diuji seberapa tanggung dalam menyelesaikan sesuatu. Memang stres bikin hidup kamu karut marut. Tapi yang lebih penting adalah mengatasinya bukan?

Ada cara gampang untuk meredakan stres yang kamu alami. Cobalah beli buku mewarnai yang digunakan oleh anak taman kanak-kanak (TK) beserta satu set pewarna. Aktivitas yang sering dilakukan semasa kamu TK ini bisa lho membuat stres kamu hilang. Jadi, jangan remehkan kegiatan mewarnai yang satu ini. Buktinya stres jarang terjadi saat kamu belajar di bangku TK.

Tips menangkal stres dengan mewarnai bukan hanya bumbu di mulut saja. Hal ini sudah terbukti secara ilmiah kok. Berdasarkan penuturan seorang psikolog, Gloria Martinez Ayala, mengatakan bahwa ketika seseorang sedang mewarnai, mereka mengaktifkan semua area pada otak.

Dikutip brilio.net dari huffingtonpost.com, Jumat (24/4), mewarnai juga mengkoordinasikan antara kemampuan gerakan dan juga kreativitas pada otak. Karena banyak area yang diaktifkan saat mewarnai membuat aktivitas pada amygdala (bagian otak yang mengkontrol emosi) lebih rileks. Itulah kenapa mewarnai bisa membuat kamu jauh dari stres.

Jadi, kalau kamu merasa sering stres lebih baik sediakan beberapa buku mewarnai dan pewarna di meja belajar kamu. Bahkan, kegiatan seperti ini sudah menjadi tren bagi orang dewasa di benua Eropa dan Amerika Utara. Intinya adalah jangan menganggap enteng kegiatan yang dilakukan oleh anak kecil. Bisa jadi sangat bermanfaat buat kamu, salah satunya adalah mewarnai. Selamat mencoba!